Bupati Kembali Melantik Empat Pj Kades di Kabupaten Katingan

    Editor: A Uga Gara

    KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, SE kembali melantik empat Pejabat (Pj) Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Katingan. Pelantikan berlangsung di Aula Kantor Bappelitbang Katingan, Selasa (295/6/2019).

    Empat Pj Kades yang dilantik tersebut, yakni Dedi Porwanto sebagai Pj Kades Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, dan Pariyatie sebagai Pj Kades Tumbang Lahang, Kecamatan Katingan Tengah.

    Kemudian, Rawei sebagai Pj Kades Tumbang Dahuei, Kecamatan Bukit Raya, dan Salim sebagau Pj Kades Tumbang Kaburai, Kecamatan Bukit Raya.

    Bupati Katingan dalam sambutannya berharap kepada empat Pj Kepala Desa yang baru saja dilantik agar dapat memperhatikan kedudukan, tugas dan fungsi serta wewenangnya sebagai Pj Kepala Desa.

    Sebab, lanjut Sakariyas, kedudukan, tugas dan fungsi serta wewenangnya sebagai Pj Kepala Desa sangat penting artinya dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa secara maksimal.

    Sehingga dengan demikian, tukasnya, desa itu nantinya dapat menentukan kewenangan dalam perencanaan sistem pemerintahan desa serta keuangan desa secara mandiri.

    “Kewenangan dimaksud, meliputi kewenangan memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa, melaksanakan Pilkades sampai terpilihnya Kepala Desa defenitif serta tugas lainnya berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), mengajukan rancangan peraturan desa dan menetapkan peraturan desa yang telah dibahas bersama BPD,” terang Sakariyas.

    Selain itu lanjutnya, kewenangan Pj Kades tersebut juga harus bisa menyusun dan mengajukan rancangan peraturan desa mengenai APBdes untuk dibahas bersama BPD, membina kehidupan masyarakat desa, membina perekonomian desa, mengkoordinir pembangunan desa secara partisipatif, mewakili desa di dalam dan di luar pengadilan.

    “Lalu dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan melaksanakan wewenang lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” jelas bupati.

    Dalam pelantikan tersebut, turut hadir Wakil Bupati Katingan, Kapolres Katingan, Perwira Penghubung 1015 Sampit/Kasongan, perwakilan Kejaksaan Negeri Kasongan, Kepala DPMDes Katingan, sejumlah unsur Forum Koordinasi Pemerintah daerah, Ketua TP PKK Katingan, tokoh masyarakat, tokoh agama, alim ulama, serta tamu undangan yang hadir.

    (ar/beritasampit.co.id)