2020, Desa Tinduk Prioritaskan Bidang Kesehatan

370
MUSDES : ARIFIN/BS – Peserta Musdes Tinduk usai menyelenggarakan musyawarah desa berfoto bersama. 

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Setelah melalui musyawarah yang cukup alot, hasil Musyawarah Desa Tinduk Kecamatan Baamang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) rencana pembangunan tahun 2020, lebih banyak menitikberatkan pada bidang kesehatan.

Musyawarah desa dihadiri Camat dan Sekretaris Kecamatan Baamang, Kasi Pemerintahan Masyarakat dan Desa (PMD), Ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tinduk, ketua RT/RW, kepala desa dan aparatur desa hingga tokoh masyarakat. Rapat dipusatkan di Balai Pertemuan Desa Tinduk, Sabtu (29/6/2019).

Adapun bidang kesehatan yang dianggap skala prioritas diantaranya, kegiatan penyelenggaraan pos kesehatan desa, kegiatan penyelenggaran posyandu, kegiatan penyuluhan dan pelatihan bidang kesehatan, kegiatan penyelenggaraan kegiatan desa siaga kesehatan.

Baca Juga:   16 Item Prioritas Usulan Pembangunan Desa Jaya Kelapa Tahun 2019, Apa Aja Ya...?

Selain itu, kegiatan pengadaan sarana dan prasarana posyandu, kegiatan pembinaan dan pengawasan upaya kesehatan tradisional hingga pengadaan peralatan kesehatan.

Musyawarah desa itu tidak hanya memprioritas bidang kesehatan. Disamping itu, ada juga mengusulkan beberapa bidang misalnya, infrastruktur jalan dan jembatan maupun bidang pendidikan.

Camat Baamang HM Yusransyah mengatakan, apapun hasil musyawarah desa hendaknya disepakati oleh masyarakat karena tujuan utamanya untuk pembangunan desa itu sendiri.

“Pada dasarnya, tujuan utama musyawarah desa untuk menentukan pembangunan desa. Jadi, kami harapkan keputusan yang diambil pada saat musyawarah hendaknya didukung,” ujarnya pada saat memberikan sambutan dihadapan yang hadir.

Baca Juga:   Ratusan Orang dari Perwakilan Desa di Kotim Mengikuti Bimbingan

Sementara itu, Kepala Desa Tinduk Kasmudin menambahkan, usulan skala prioritas akan dilaksanakan secepatnya tahun depan. Asalkan, dana desa sudah tersedia.

“Maunya kami secepatnya usulan itu dikerjakan. Tapi, tergantung anggaran,” ujarnya.

(ifin/beritasampit.co.id).