Semenisasi Jalan Bapinang Pagatan Sepanjang 37,6 Kilometer

2217

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Sebanyak 14 desa yang ada di Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melaksanakan semenisasi jalan Bapinang-Pagatan sepanjang 37,6 Kilometer melalui Dana Desa.

Camat Pulau Hanaut, Ir H Eddy Mashami mengatakan, program semenisasi Bapinang- Pagatan diharapkan dapat membudahkan warga masyarakat yang tersebar di 14 Desa mudah menuju kantor Pemerintahannya.

“Hari ini berakhir musdes, kita bersama 14 desa menyepakati peningkatan semenisasi jalan Bapinang- Pagatan juga jembatan program tahun 2018 / 2019 harus rampung. Pastinya dari ujung Utara sampai ujung Selatan. Mulai Desa Rawa Sari sampai Desa Satiruk yang berbatasan laut jawa harus segera rampung. Kalaupun masih tersisa tetap dilanjutkan tahun 2020,” kata Eddy Mashami kepada beritasampit.co.id, Sabtu (29/6/2019) ketika dihubungi via telpon selulernya.

Baca Juga:   Desa Rawa Sari Gelar Sosialisasi Pengelolaan Jaringan Internet Desa

Camat yang senang anjangsana ke desa-desa melihat aktivitas warga masyarakatnya ini sangat perihatin atas kondisi akses jalan yang mereka lalui tersebut.

Kecamatan Pulau Hanaut berada di seberang Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Samuda, tentunya dari pejabat daerah ataupun warga masyarakat lainnya kalau ingin berkunjung ke kecamatan itu pastinya mengunakan taksi klotok.

Jalan Kecamatan Pulau Hanaut menuju ke desa-desa sangat sulit ditempuh karena badan jalan ada yang berbatu dan berumpur.

“Atas perjuangan yang panjang akhirnya upaya loby pihak Kecamatan ke Kabupaten akhirnya membuahkan hasil, dan badan jalan itu dihibahkan ke pemerintahan desa September 2018 ,kata camat.

Baca Juga:   Masyarakat Desa Babaung Terus Jaga Kebersihan Lingkungannya

Kini badan jalan itu sudah menjadi tanggung jawab masing-masing desa untuk perbaikan jalan yang terhubung kedesanya tersebut.

“Jalan Bapinang-Pagatan sudah dihibahkan pihak Kabupaten ke pemerintan desa. Sekarang badan jalan yang dulunya rusak kini sudah tersemenisasi, semua desa yang kena jalur jalan itu masing -masing sudah memperbaikinya,” kata Eddy Mashami.

Orang nomor satu di kecamatan Pulau Hanaut ini selalu menegaskan, kepada semua Kades untuk komitmen menyepakati akses semenisasi jalan penghubung bagi semua desa sepanjang 37,6 Kilometer agar selesai tahun 2019.

“Kita menekankan arah pembangunan bersama jalan desa Bapinang – Pagatan yang sudah dihibahkan rampung hingga akhir tahun 2019,” tegasnya.

(mar/beritasampit.co.id).