Dewan Minta Disdik Palangka Raya Serahkan Dapodik

445
Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah

PALANGKA RAYA-Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya diminta menyerahkan data pokok pendidikan (Dapodik). Hal itu dimaksudkan agar dapat diketahui kondisi terkini sarana dan prasarana sekolah di Kota Palangka Raya.

“Sampai saat ini kami belum menerima salinan Dapodik yang disusun Disdik Kota Palangka Raya, apalagi melihat langsung. Kami minta data itu agar bisa disampaikan,” kata Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah, dilansir dari antarakalteng, Rabu (3/7/2019).

Menurut Mukarramah, permintaan tersebut telah disampaikan langsung kepada pihak dinas saat menyabangi Kantor Disdik Kota Palangka Raya sebelum pelaksanaan ujian nasional 2019 lalu.

Baca Juga:   Dewan Minta Pemkot Pertahankan Predikat Opini WTP

“Beberapa waktu lalu kami ada ke Disdik, terakhir sebelum ujian. Kami ada ke situ saat Kepala Disdik tidak ada. Kami ingin melihat ruangan Dapodik seperti apa dan mau dibukakan komputernya tapi petugas tidak ada sehingga tidak jadi,” katanya.

Menurut dia, diantara pentingnya Dapodik itu untuk memetakan dan mengetahui kondisi sarana dan prasarana masing-masing sekolah baik di dalam kota maupun daerah pinggiran.

Selain itu juga untuk mengetahui jumlah siswa di masing-masing sekolah serta sebaran siswa di seluruh sekolah di Kota Palangka Raya.

Baca Juga:   DPRD Kota Palangka Gelar Rapat Paripurna

“Yang tidak kalah penting ialah penyebaran tenaga pendidik yang sampai saat ini belum merata karena banyak guru yang bertugas di sekolah di dalam kota,” katanya.

Untuk itu Dapodik sangat diperlukan untuk memetakan kondisi pelaksanaan pendidikan dan kemudian dijadikan dasar kebijakan pemerintah kota dalam upaya pemerataan kualitas pendidikan.

“Apalagi saat ini pemerintah juga telah menerapkan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru sebagai upaya pemerataan kualitas pendidikan,” katanya.

(gra/net/beritasampit.co.id)