Nambah Ilmu, Peserta Peda KTNA ke- Xll Provinsi Kalteng Besok Diajak Widyawisata

401

Editor: A Uga Gara

SAMPIT-Memasuki hari ketiga, para peserta Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kalimantan Tengah, yang dipusatkan di Desa Eka Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diajak Widyawisata ke Desa Sei Ijum Raya (Sijura), Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Rabu (10/7/2019) besok siang.

Dijadwalkan, acara Widyawisata berlangsung sekitar pukul 11.00 WIB. Sementara pada paginya peserta terlebih dulu mengunjungi Desa Basawang, Kecamatan Teluk Sampit untuk melihat pengelohan gula merah dari air aren kelapa yang terkenal sampai expornya.

Baca Juga:   Tiga Karang Taruna Desa Kalimantan Tengah Dikirim ke Pusat, Untuk Apa ?

Sekretaris Desa Sei Ijum Raya, Muhammad Samsul mengatakan, desanya menjadi salah satu tujuan Widyawisata para peserta Peda KTNA ke Xll di Desa Eka Bahurui dan mengunjungi kolam-kolam ikan yang di wilayah desa tersebut.

“Ada sekitar 150 buah kolam ikan yang di miliki oleh tiga kelompok nelayan tambak. Tapi sebagai tempat Widyawisata ada 40 kolam ikan yang akan dikunjungi yang tidak jauh rumah perkampungan,” jelasnya, Selasa (9/7/2019).

Dijelaskannya, tujuan Widyawisata yaitu dalam rangka menambah pengetahuan dan berbagi ilmu terkait perikanan , mulai dari bagaimana mengolah produk hasil ikan jadi penganan, bagaimana mengolah pakan ikan sendiri, hingga cara mengatur air dalam kolam serta tumbuhan yang ditanam bermanfaat disekitanya.

Baca Juga:   Wahyudi SH Pimpin Kejari Sampit

“Kabar dari panitia kedatangan rombongan sekitar pukul 11.00 WIB. Sebelum mengunjungi tambak ikan disini, para peserta terlebih dahulu berkunjung ke Desa Basawang untuk melihat pengolahan gula merah yang bisa dikemas seperti butiran gula pasir,” ujar Samsul.

(mar/beritasampit.co.id)