Penetapan Anggota DPRD Terpilih, KPU Kobar Masih Menunggu SK KPU RI

151
Ketua KPU Kobar, Chaidir

PANGKALAN BUN-Hingga kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) belum menetapkan Anggota DPRD Kobar terpilih untuk periode 2019-2024.

Menurut penjelasan KPU Kobar, terlambat menetap anggota terpilih lantaran pihaaknya belum menerima surat perintah dari KPU Pusat hingga kini belum turun ke KPU Kobar.

“Sampai hari ini belum ada surat dari KPU RI yang memerintahkan KPU Kobar untuk menetapkan caleg terpilih,” jelas Ketua KPU Kobar, Chaidir, Selasa (9/7/2019).

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam proses penetapan, KPU Pusat mengirim surat ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memastikan bahwa daerah tersebut tidak ada sengketa pemilu.

Baca Juga:   Menjelang Pemilu 2019, Lima Ikrar Kebangsaan Wujud Kecintaan NKRI

“Sampai sekarang kita masih menunggu surat dari KPU Pusat konfirmasi dari MK terkait adanya tuntutan mana-mana daerah yang bermasalah dalam hal ini PHPU, untuk di Kobar alhamdulillah tidak ada sengketa,” ungkapnya.

Sebelumnya, penetapan dijadwalkan 3 Juli 2019, kemudian mundur ke 4 Juli 2019. Akan tetapi hingga kini surat tersebut belum juga turun. SK KPU RI dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui laman web KPU RI.

“Semua bisa akses karena ini terbuka untuk umum, kami juga sedang menunggu. Jika sudah ada maksimal 5 hari setelah surat itu turun maka akan di lakukan penetapan,” ujar Chaidir.

Baca Juga:   Ritual Dayak Tomun Do’akan Pemilu Serentak 2019

Diakui Chaidir, KPU Kobar sudah tau siapa saja yang terpilih. Namun pihaknya tetap harus menunggu surat keputusan dari KPU .

(man/beritasampit.co.id)