Belum Tersedia Lahan, Pemindahan TPS Batuah Terkendala

348
Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barito Selatan, M Nanang Shalahudin

Editor: A Uga Gara

BUNTOK-Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barito Selatan (Barsel) M Nanang Shalahudin mengatakan, pemindahan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dari sekitar Stadion Batuah Kota Buntok, Barsel belum bisa dilaksanakan, lantaran terkendala lahan yang strategis untuk pemindahannya belum tersedia.

“Sebenarnya TPS Batuah ini merupakan transdepo penampungan sampah yang disebabkan ditutupnya beberapa TPS dilingkungan Kelurahan Buntok Kota dan Kelurahan Hilir Sper. Oleh karena itu, maka alternatifnya dibangunlah TPS Batuah ini,” jelas Nanang Shalahudin, Rabu (10/7/2019).

Baca Juga:   Penghitungan Suara 15 Desa Telah Selesai

“Untuk kebersihan TPS Batuah ini, selalu diperhatikan seperti sampah yang diangkut pada pagi dan sore. Selain itu pula, kita menempatkan petugas untuk menjaga TPS Batuah tersebut,” timpalnya.

Nanang Shalahudin menjelaskan, petugas pengangkutan sampah dati TPS Batuah mencapai 18-20 kubik sampah per hari. Untuk proses pemilahan sampah, lanjutnya, hanya dilakukan oleh para pemulung dan kedepannya TPS Batuah ini akan kita tingkatkan menjadi TPS terpadu.

“Dilokasi tersebut, akan kita bangun tempat proses pemilahan, pencacahan dan proses daur ulang sampah. Namun pada saat ini, terkendala biaya untuk pembangunan fasilitas yang dimaksud,” tukasnya.

Baca Juga:   ​BIADAB..! Diduga Hasil Hubungan Gelap, Bayi Malang Ini Dibuang Ditempat Sampah 

(ded/beritasampit.co.id)