DPR Yakin Presiden Berikan Amnesti Kepada Baiq Nuril

1356
FOTO BERSAMA: ADISTA/BS--Baiq Nuril (tengah), Nasir Djamil dan Bambang Soesatyo usai diskusi dialektika demokrasi di Parlemen Senayan Jakarta Rabu, (10/7/2019).

JAKARTA-Ibu Baiq Nuril menyambangi gedung parlemen senayan, guna untuk meminta pertimbangan DPR RI terkait pengampunan atau Amnesti dari Presiden Joko Widodo, karena sejak tahun 2014 silam perjuangannya kandas setelah Pengajuan Kembali (PK) ditolak oleh Mahkamah Agung (MA).

“Dengan berat juga, saya harus kesini meninggalkan anak-anak yang harusnya saat ini saya rangkul dengan kondisi yang seperti ini, tetapi saya yakin perjuangan ini akan berakhir dengan baik,” ujar Baiq dalam diskusi dialektika demokrasi di Media Center Senayan, Rabu, (10/7/2019).

Untuk itu, Baiq meminta kepada pimpinan DPR dan Komisi Hukum DPR RI untuk mempertimbangkan keadilan atas perjuangannya itu.

Baca Juga:   Target Pertumbuhan Ekonomi Kabinet Jokowi - JK Belum Tercapai

“Saya rakyat kecil, hanya ingin membesarkan anak-anak saya untuk mencapai cita-cita mereka. Itu keinginan yang dapat saya sampaikan. Saya yakin perjuangan ini akan berakhir dengan baik,” harap Baiq Nuril.

Menanggapi keluhan dari Baiq Nuril tersebut, Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil mengatakan bahwa apa yang diinginkan oleh ibu Baiq Nuril soal amnesti dari presiden Jokowi tersebut merupakan sebuah komitmen negara harus melindungi warga negaranya.

“Artinya Presiden Jokowi sebagai kepala negara diuji komitmennya terkait dengan pemberdayaan perempuan dan melindungi kaum perempuan,” tutur Nasir.

Baca Juga:   Jalan Antar Provinsi Rusak Parah, Ini Saran Anggota DPR RI

Politisi PKS itu bilang salah satu kewenangan yang dimiliki oleh Presiden yaitu memberikan amnesti yang akan menghilangkan atau meniadakan akibat hukum dari perbuatan seseorang dan kemudian juga bisa mengembalikan status seseorang yang awalnya bersalah menjadi tidak bersalah.

“Saya punya keyakinan kalau kemudian, ibu Baiq Nuril meminta amnesti kepada Presiden dan kemudian presiden meminta pertimbangan DPR, saya haqqul yakin seluruh fraksi di DPR akan memberikan persetujuan kepada Presiden terkait pemberian amnesti kepada ibu Baiq Nuril,” pungkas Nasir Djamil.

(dis/beritasampit.co.id)