Setelah Penandatangan MoU, Bupati Katingan Minta Ada Tindak Lanjut dari Dua PBS Kelapa Sawit

1008
Bupati Katingan, Sakariyas

Editor: A Uga Gara

KASONGAN -Pemerintah Kabupaten Katingan bersama dua perusahaan besar swasta (PBS) kelapa sawit telah mencapai kata sepakat yang dituangkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (Mou).

MoU yang telah ditandatangi kedua belah pihak tersebut menyangkut tentang rencana pembangunan jalan dari Kereng Pakahi, Kecamatan Kamipang menuju desa Kampung Melayu, Kecamatan Mendawai.

Nota kesepahaman tersebut disepakati lantatan pembangunan jalan melintasi wilayah izin hak guna usaha (HGU) PBS kelapa sasit, PT Arjuna Utama Sawit (AUS) dan PT Persada Era Agro Kencana (PEAK).

Dengan telah ditanda tanganinya nota kesepahaman tersebut, Bupati Katingan, Sakariyas berharap agar koordinasi dan kerjasama antara pihak PBS kelapa sawit dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Katingan semakin ditingkatkan.

Baca Juga:   Warga Dusmala Katingan Rayakan Natal Bersama

“Saya mohon setelah penandatanganan ini, ada action (tindak lanjut, red) dari PT AUS dan PT PEAK dalam membangun jalan itu,” tegas Sakariyas pada kegiatan penandatangan MoU Pemerintah daerah bersama PT AUS dan PT PEAK di aula kantor Bappelitbang setempat, Rabu (10/7/2019).

Dirinya menjelaskan, bahwa badan jalan yang sudah dibangun pemerintah itu sudah sampai Desa Parigi, setelah itu dilanjutkan ke Muara bulan sampai ke desa Galinggang untuk dilanjutkan oleh perusahaan.

“Saya mau ngecek. Apakah itu benar atau tidak dilakukan oleh perusahaan. Jadi saya harus begini, kalau tidak begini apa lagi. Yang menikmatinya masyarakat, bukan saya yang menikmati jalan itu nantinya,” ucapnya.

Baca Juga:   400 Siswa SMPN 1 Katingan Hilir Jalani Vaksin Campak dan Rubella

Maka oleh sebab itu dalam rangka mendukung program strategis daerah tersebut diharapkan partisipasi dari semua pihak termasuk partisipasi dan komitmen dari dunia usaha yang ada di Kabupaten Katingan.

“Kami atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Katingan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT AUS dan PT PEAK,” pungkasnya.

(ar/beritasampit.co.id)