Antisipasi Karhutla Pemprov Kalteng lakukan Koordinasi dengan Instansi Terkait

187
Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng, H. Nurul Edy

PALANGKA RAYA -Saat ini wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memasuki musim kemarau. Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Pemerintah Provinsi Kalteng melakukan pembekalan kesiapsiagaan kepada petugas pemadaman.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng, H. Nurul Edy mengatakan, saat ini status Kalteng masih siaga Karhutla. Oleh karena itu, dia berharap kepada masyarakat agar tidak membakar lahan ataupun hutan dengan sembarangan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat tidak membakar lahan. Karena akan menyebabkan kebakaran, apalagi tanah kita didominasi gambut,” jatanya, Kamis (11/7/2019)

Baca Juga:   Ekonomi Kalteng Ditriwulan I Tumbuh 4,62 Persen

Nurul Edy juga menjelaskan, dengan adanya penanggulangan sejak dini, maka kejadian seperti tahun-tahun sebelumnya tidak akan terjadi lagi. “Adanya peran semua pihak, baik itu TNI Polri, masyarakat dan lainnya, kami yakin Kalteng bebas kabut asap,” tukasnya.

“Dengan begitu antisipasi terhadap kabut asap dapat dikendalikan dengan kerjasama kita semua sangat diperlukan,” timpalnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng, Mofit Saptono menuturkan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendatangkan enam helikopter untuk digunakan memadamkan api.

Baca Juga:   1.000 Kepiting Bertelur Gagal Diselundupkan

“Dengan bantuan tersebut lebih effisien untuk memadamkan api yang sulit terjangkau. Nanun sampai saat ini sedang diproses pusat,” pungkasnya.

(aul/beritasampit.co.id)