Ratusan Warga Transmigrasi Bakal Geruduk Kantor DPRD Kotim

1384
Ketua KSBSI Kalteng Karliasnyah SH Cs saat lakukan Aksi Terkait Buruh beberapa waktu lalu

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Ratusan warga Transmigrasi dari Desa Beringin Agung, Kecamatan Antang Kalang, Kotawaringin Timur bakal geruduk Kantor DPRD Kotim pada 15 Juli 2019 minggu depan.

Menurut informasi di himpun puncak kemarahan ratusan masysrakat tersebut lantaran tidak terima dengan dikeluarkannya ijin Hak Guna Usaha (HGU) yang diduga diterbitkan pada tahun 2016 lalu.

Rencananya aksi ratusan masa ini akan didampingi oleh Konfderasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Kalimantan Tengah yang mana langsung di pimpin oleh Ketua KSBSI Kalteng Karliansyah SH.

Baca Juga:   ​Supian Hadi Tegaskan Perusahaan Ikut Membantu Kerusakan Jalan dan Jembatan di Kecamatan Wilayah Utara

“Benar kami tanggal 15 ini akan menyampaikan aspirasi kami kelembaga DPRD Kotim terkait lahan transmigrasi yang mana ini merupakan dampak dari diterbitkannya ijin HGU oleh pemerintah daerah dan itu terancam digarap dan diambil alih-oleh perusahaan sawit,” ujar, Karliansyah dikonfirmasi Kamis (11/7/2019) tadi siang.

Menurutnya sebanyak 1500 Jiwa warga transmigrasi Desa Baringin Agung terancam kehilangan lahannya atas diterbitkannya ijin baru oleh pemerintah daerah yang mana difungsikan untuk perkebunan kelapa sawit.

“Aneh-aneh saja lahan transmigrasi dikeluarkan lagi ijin HGU,padahal transmigrasi ini adalah program pemerintah yang sudah punya landasan hukum, oleh sebab itu kami meminta pertanggungjawaban pemerintah daerah supaya melakukan evaluasi kembali HGU perusahan sawit tersebut,” tutupnya.

Baca Juga:   Biaya Maksimal Kampanye Pilkada Kotim Rp 6,1 Miliar

(drm/beritasampit.co.id)