80 Persen Ibu Kota Negara di Kalteng, Ini yang Siapkan Kabupaten Katingan

3065
Keterangan foto : AR/BS - Bupati Katingan Sakariyas.

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, mengatakan Ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kemungkinan 80 persen ada di Kalimantan Tengah.

Untuk Kabupaten Katingan ada sekitar 112 ribu hektare lahan yang sudah disiapkan untuk wilayah Ibu Kota Negara.

“Lahan Kabupaten Katingan ini sudah kita usulkan kemaren salah satunya tempat Perumahan, Pelabuhan udara, Pelabuhan Laut, dan Bisnis,” terang Sakariyas, saat Kegiatan Rakordal di aula Kantor Bappelitbang Katingan, Kamis (11/7/2019) kemaren.

Kemudian, disamping itu ada di Kabupaten Gunung Mas kurang lebih 120 ribu hektare dan kota Palangka Raya sekitar 80 ribu hektare.

Baca Juga:   WOW...Namanya Muncul Dalam Survey Bakal Calon Bupati Katingan, Siapa Dia ?

“Lahan yang disediakan salah satunya tempat Perkantor, Istana Negara, DPR RI. Jadi kurang lebih ada sekitar 300 ribu hektare lahan yang akan disiapkan di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Lanjutnya menjelaskan, sekarang penduduk Kalimantan Tengah kurang lebih satu juta enam ratus secara keseluruhan. Apabila sudah menjadi ibu kota, maka penduduk di Kalimantan Tengah akan selalu bertambah.

“Oleh karena itulah, kita harus mempersiapkan diri. Masyarakat Kabupaten Katingan harus siap termasuk perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada. Mulai saat ya kita harus mempersiapkan diri,” singkatnya.

Baca Juga:   Kapolsek Muda Katingan Kuala Ini, Punya Cara Eratkan Polri dan Masyarakat

(ar/beritasampit.co.id)