Sebulan Lebih Tidak Ada Kejelasan Akhirnya Nasib 124 Karyawan PT AWL Jelas

1043
DISKUSI IM/BS. Para karyawan perusahaan kelapa sawit PT Agro Wahana Lestari (AWL), saat mengikuti mediasi pihak perusahaan dengan Kuasa Hukumnya Jhoni Wijaya Sinaga di Aula gedung Balai Penataan Guru KM 7 Jalan Jenderal Sudirman.

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Setelah sebulan lebih lamanya tidak ada kejelasan akan nasib para karyawan perusahaan kelapa sawit PT Agro Wahana Lestari (AWL), akhirnya ada kejelasan setelah kuasa hukum mereka Jhoni Wijaya Sinaga.

Setelah kedatangan Jhoni Wijaya Sinaga, para karyawan melakukan audiensi terbatas di salah satu aula di Balai Penataan Guru (BPG), KM 7 Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Pasir Putih, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

”Permasalahan dengan 124 orang karyawan kami kini telah usai setelah kuasa hukum mereka hadir untuk melakukan mediasi untuk mencari solusi bagaimana masalah ini tidak berangsur lama dan pada akhirnya ada kesepakatan,” sebut Harold selaku Industrial Mangaer Relation Agro Grup, saat diwawancarai di aula BPG KM 7, Kota Sampit.

Baca Juga:   Usai Wukuf di Arafah, Satu Jamaah Haji Asal Kotim Meninggal Dunia

Lanjut Harold, pihak perusahaan merasa bersyukur setelah selesainya permasalahan antara karyawan dan karyawan itu. Tapi pada intinya pihaknya juga merasa kasihan melihat mereka terkatung-katung nasibnya selama satu bulan lebih.

Selesainya kasus antar perusahaan dan karyawan itu selesai setelah mereka menerima apa yang telah diberikan oleh pihak perusahaan. Sehingga pada akhirnya ada pemutusan hubungan kerja dengan alasan di kualifikasikan mengundurkan diri.

“Ada perjanjian pergantian hak-hak mereka sebagai karyawan lewat kuasa hukumnya. Diantaranya uang pisah, pergantian hak, dan lainnya, hal itu tertuang dalam Pasal 156 ayat 4 UU ketenagakerjaan. Yang meliputi uang pisah 15%, perumahan pengobatan 15%, biaya ongkos pulang dan sisa hak cuti udah kita bayarkan juga, itu sesuai dengan aturan UU,” jelas Harold.

Baca Juga:   Kasus Ratusan Sekuriti PT MAKIN Belum Selesai, KSBSI Kotim Bakal Demo Lagi 

(im/beritasampit.co.id).