Selebrasi Baliho Besar Warnai Harkopnas ke-72 di Kemenkop UKM

1365
SELEBRASI: ADISTA/BS-- Baliho Besar dibentangkan Saat Upacara Hari Koperasi Nasional yang Ke- 72 di Kemenkop UKM, Jakarta, Jumat, (12/7/2019).

JAKARTA— Upacara Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 ditandai dengan adanya selebrasi baliho besar ukuran 10 x 5 meter yang dibawa oleh para peserta di lapangan Kantor Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Jakarta, Jumat, (12/7/2019).

Peringatan Harkopnas ke- 72 tersebut dipimpin oleh inspektur upacara Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Produktifitas dan Daya Saing (Kemenkop dan UKM) Herustiati.

“Dengan adanya aktifitas selebrasi massal memberikan makna bahwa setiap Harkopnas di Kemenkop dan UKM selalu memiliki nilai kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan,” kata Herustiati.

Herustiati menjelaskan, kegiatan Harkopnas bukan hanya dihiasi dengan selebrasi baliho saja, tapi juga dihiasi dengan baju dan seragam peserta apel yang menggunakan sarung dan tenun milik pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Baca Juga:   Rp 80 M Disiapkan, Bangun Embung di Desa Sungai Raja

“Sehingga Harkopnas ini, sekaligus sebagai ajang mempromosikan produk milik UKM selain berbagai rangkaian acara kegiatan lomba,” tutur Herustiati.

Herustiati bilang tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian saat ini tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola.

“Maka dalam konteks itu, koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini,” imbuhnya.

Dikatakan, reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu lima tahun terakhir, pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis.

Baca Juga:   Wujudkan Pemilu Aman dan Damai Melalui Ikrar Pemuda Gagasan Polres Katingan

“Untuk itu koperasi disiapkan mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya,” tandas dia.

Kedepannya Kemenkop UKM berharap kepada koperasi untuk selalu memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce aplikasi retail online dan pengembangan aplikasi – aplikasi bisnis lainya.

“Dengan demikian gerakan koperasi mampu merangkul generasi millenial, yang saat ini jumlah mereka telah mencapai sepertiga dari totalitas penduduk Indonesia,” pungkas Herustiati.

(dis/beritasampit.co.id)