Meningkatkan Sektor Wisata Pemkab Kobar Bisa Menggandeng Investor

Keterangan Foto : Ketua DPRD Triyanto saat memberikan Susu kepada warga saat pembukaan TMMD 2019 di Pangkut.

PANGKALAN BUN – Triyanto Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengatakan, untuk meningkatkan sektor pembangunan pariwisata Pemkab Kobar bisa menggandeng investor.

“Misal dalam penyediaan layanan wisata, fasilitas dan infrastrukturnya serta promosi, dinas pariwisata bisa kerjasama dengan investor,” kata Triyanto.

Lanjut Triyanto, sejumlah obyek wisata pantai mulai dari Pantai Kubu, Pantai Bogam Raya, sampai ke Pantai Sebuai, termasuk ke Pantai Seluang tempatnya penangkaran Kura-kuta.

“Untuk menempuh kebeberapa lokasi pantai berpasir putih tersebut, sampai sekarang belum pernah ada kendaraan roda empat yang khusus untuk angkutan wisata, misal ditangani oleh investor”,ujar Triyanto, Jumat (12/7/2019).

Investor yang menangani trasnportasi, lanjut Triyanto bukan hanya menangani transportasi wisata, tapi juga mengelola lokasi wisata.

“Misal, semua lokasi wisata pantai dibangun sejumlah tempat rekreasi anak-anak dan penginapan, karena kedepannya lokasi wisata pantai akan menjadi kunjungan wisata lokasi, yang datang dari beberapa Kabupaten di Provinsi Kalteng,” imbuh Triyanto.

Dijelaskan Triyanto, kalau Pemkab Kobar bisa mengandeng investor, maka Pembangunan di Kabupaten Kobar akan cepat meningkat. Jadi pada intinya bukan hanya sektor pariwisata tapi semua sekotor pembangunan, ditawarkan kepada investor atau pihak ketiga.

“Contoh, Pemkab Kobar sudah berhasil menggandeng investor yakni pembangunan infrastruktur jalan, di Kecamatan Arut Utara dan Kecamatan Kumai yang dilaksanakan sejumlah Perusahaan Besar Swasta (PBS) melalui konsorsium,” pungkas Triyanto.

(Man/beritasampit).