Cegah Karhutla Sekda Seruyan Harapkan Masyarakat Berperan Aktif

175
Foto :RDI/BS - foto bersama Rakor Penanganan dan Penanggulangan Karhutla, Sekda Seruyan Haryono (tengah menggunakan kacamata)

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten Seruyan Melalui Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) menggelar Rakor Penanganan dan Penanggulangan Karhutla, Selasa (16/7/19).

Sekretaris Daerah Haryono mengatakan dalam penanganan dan pencegaahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini sangat penting keterlibatan dari masyarakat.

“Selain keterlibatan pemerintah, TNI/Polri,peran dari tokoh masyarakat, tokoh adat , dan relawan menjadi sangat penting untuk antisipasi karhutla,” katanya.

Haryono menambahkan perlu di ingat pada tahun 2015 lalu di wilayah Kalteng pernah terjadi bencana asap dikarenakan kebakaran hutan dan lahan yang begitu besar. Bahkan sampai mengakibatkan korban jiwa.

Baca Juga:   Lezatnya Kudapan Pangan Lokal Pisang dan Singkong

Kemudian dampak bencana asap tersebut roda perekonomian menjadi terganggu. Begitu banyak penerbangan dibatalkan ataupun dialihkan. Para pengusaha atau pedagang terganggu dalam menjalankan aktivitas usaha mereka, begitu juga masyarakat dalam bekerja menjadi terhambat.

“Oleh karena itu, kita harapkan masyarakat agar lebih aktif dalam mengawasi sebagai bentuk pencegahan kita mulai dari diri sendiri terlebih dahulu untuk tidak membakar lahan, dan berhati-hati,” harapnya.

(rdi/beritasampit.co.id)