Dewan Optimis Pembahasan APBDP 2019 Tuntas Sebelum Pelantikan

175
Keterangan foto : IST/BS - Ketua DPRD Kabupaten Katingan Ignatius Mantir Ledie Nussa

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun anggaran 2019 akan tuntas sebelum pelantikan anggota DPRD Kabupaten Katingan priode 2019 – 2024, yang akan dilaksanakan pada 14 Agustus 2019 mendatang.

Demikian dikatakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Ignatius Mantir Ledie Nussa, kepada sejumlah wartawan, Selasa (16/7/2019).

Berdasarkan saran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menurut Mantir, untuk menyelesaikan APBDP di tahun anggaran 2019, sebaiknya dibahas dan diselesaikan sampai tuntas sebelum masa jabatan anggota DPRD priode 2014 – 2019 berakhir.

Baca Juga:   Seminar Keterwakilan Perempuan Dalam Politik

“Sehingga, kita percepatlah untuk membahasnya, hingga tuntas,” jelas legislator PDI Perjuangan ini.

Pasalnya, jika menunggu anggota DPRD Kabupaten Katingan priode 2019–2024 mendatang menurutnya, yang ada hanya ketua sementara saja.

Sedangkan untuk menandatangani dan menetapkan semua Peraturan Daerah (Perda), termasuk Perda penetapan APBDP harus ditandatangani ketua DPRD defenitif, tidak boleh ketua DPRD sementara.

Oleh karena itu, lanjutnya, dirinya bersama unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Katingan lainnya sepakat, ingin menuntaskan pembahasan APBDP tahun anggaran 2019 ini sebelum habis masa jabatan dan tugasnya di tahun 2019 ini.

Baca Juga:   Kontingen Katingan yang Ikuti FBIM di Kapuas Diminta Terus Berlatih

“Intinya, sejak hari ini hingga satu bulan ke
depan, saya yakin pembahasan APBDP ini bisa dituntaskan,” tegasnya dengan nada optimis.

Lanjutnya menjelaskan, meskipun akan dituntaskan dalam satu bulan ke depan. Namun sebelum dilakukan pembahasan, dirinya bersama anggota dewan lainnya, dalam waktu dekat ini akan melakukan studi banding dulu ke luar daerah, yaitu ingin belajar tentang bagaimana mekanisme membahas APBDP tahun anggaran 2019 ini nantinya.

“Sehingga, dalam pembahasannya nanti bisa lebih cepat, efektif dan efesien,” pungkasnya.

(ar/beritasampit.co.id)