RSUD Sultan Imanudin Rawat 286 Penderita HIV/AIDS, Kabupaten Kobar Penderita Terbanyak

954

PANGKALAN BUN-Sejak tahun 2017 hingga tahun 2019, RSUD Sultan Imanudin Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar) mencatat, penderita HIV/AIDS yang dirarawat di rumah sakit pemerintah itu sebanyak 286 penderita.

Adapun rinciannya, untuk tahun 2017 jumlah penderita sebanyak 120 pasien, tahun 2018 jumlah penderita sebanyak 100 pasien dan sejak Januari hingga Juni 2019 sebanyak 66 penderita baru.

Menurut Direktur RSUD Sultan Imanuddin melalui Kepala Bidang Pelayanan Medik, dr Emma Tindan, dari jumlah tersebut penderita yang mendapat perawatan di RSUD Sultan Imanudin terbanyak adalah warga Kabupaten Kobar sebanyak 242 penderita.

Baca Juga:   Aktor Mirip Soeharto, Amoroso Wafat

Berikutnya, dari Kabupaten Lamandau sebanyak 24 orang penderita, Kabupaten Sukamara 6 orang, Kabupaten Katingan 1 orang. Sedangkan dari Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) sebanyak 5 orang, Kalimantan Selatan (Kalsel) 1 orang, dan dari luar Kalimantan sebanyak 2 orang.

Dari 268 orang penderita HIV/AIDS, lanjutnya, penderita kebanyakan dengan jenis kelamin laki-laki jumlah 166 orang dan perempuan 120 orang. “Saat ini 8 orang diantaranya juga positif tuberkolosis, sehingga harus mendapat pengobatan TB terlebih dahulu selama 6 bulan,” beber Emma Tindan.

Dalam kesempatan itu, Emma Tindan menghimbau kepada masyarakat agar hati-hati dengan penyakit HIV/AIDS dan jangan menyepelekan penyakit ini. Karena dampaknya juga bisa merusak kepada keturunan dan bisa menular.

Baca Juga:   Jelang Libur Tahun Baru, Kementerian ESDM: Kondisi BBM, LPG, dan Ketenagalistrikan Normal

“Kalau ada masyarakat yang terkena gejala HIV/AIDS, segera periksa ke Puskesmas terdekat atau kerumah sakit,” tegasnya.

(man/beritasampit.co.id)