DKPP Sukamara, Bantuan Hibah Sapi Wajib Dikembangkan

287
PETERNAK : ENN/BS  - Peternak di Kecamatan Sukamara yang memperoleh Hibah Sapi Bali dari DKPP Sukamara, Rabu (17/7/2019).

Editor : Maulana Kawit

SUKAMARA – Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara, Syamsir Hidayat menjelaskan bahwa dalam program hibah sapi bali bagi 9 kelompok petrnak di tiga kecamatan ditujukan untuk mengembangkan pembibitan ternak hal itu tercantum dalam perjanjian antara pihak dinas dengan para penerima hibah.

“Ada surat perjanjian Hibah antara kepala dinas dengan kelompok penerima bantuan sapi bali untuk pengembangan pembibitan ternak melalui kelompok,” jelas Syamsir Rabu (17/7/1019).

Menurut Syamsir, kelompok penerima hibah berkewajiban untuk memanfaatkan bantuan tersebut dengan syarat harus membuat kandang yang layak untuk memelihara ternak.

Baca Juga:   Perkembangan UMKM Seruyan Terkendala Modal

“Kandang harus layak dan ternak dipelihara dengan baik dalam kandang bersama atau kandang koloni bisa juga dengan kandang terpisah,” jelas Syamsir.

Selain itu, kelompok peternak juga harus memiliki Hijauan Pakan Ternak (HPT), memberikan pakan harian, tidak menjual dan memindahtangankan kepada pihak lain sebelum beranak sebanyak 2 kali serta membuat dan menyampaikan laporan.

“Sapi yang baru datang langsung diperiksa oleh dokter hewan kemudian dikarantina selama 7 hari dan sudah dinyatakan sehat dengan dikeluarkannya Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sehingga sapi sudah bisa dibagikan ke kelompok dan siap dipelihara oleh peternak,” tukas Syamsir.

Baca Juga:   Pjs Bupati Seruyan Janjikan Perbaikan Jalan Desa Bahur di Tahun 2019

(enn/beritasampit.co.id)