Bupati Hj Nurhidayah Resmikan Terminal Penumpang di Pelabuhan Panglima Utar Kumai

187

Editor : Maulana Kawit

PANGKALAN BUN – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah meresmikan terminal penumpang kapal laut di Pelabuhan Panglima Utar, Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Terminal pelabuhan Panglima Utar Kumai ini konon mengalahkan terminal tunggu penumpang yang ada di Balikpapan dan Kalimantan Selatan,” kata Hj Nurhidayah usai acara peresmian kepada para awak media.

Atas pembangunan terminal pelabuhan Panglima Utar tersebut, pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Pelabuhan Indonesia (Pelindo III) Kumai sebagai pihak yang menginisiasi pembangunan tersebut.

Hal ini lanjut Bupati, karena sebelum dilakukan pembangunan kapasitas terminal penumpang di Pelabuhan Panglima Utar Kumai hanya 600 orang, namun saat ini dengan terminal yang baru dapat menampung 1.500 calon penumpang kapal laut.

Baca Juga:   TEGA!!! Istri Hamil 4 Bulan, Suami Selingkuh, Selanjutnya ….

Tercatat pada arus mudik dan arus balik lebaran 2019 lalu terhitung dari bulan Januari hingga bulan Juni 2019 penumpang kapal laut yang melewati pelabuhan Panglima Utar Kumai mencapai 117 ribu penumpang.

“Jumlah tersebut sangat luar biasa dan patut diapresiasi, khususnya untuk Pelindo III Kumai,” imbuh Bupati.

Dikatakannya, pada kegiatan peresmian terminal penumpang kapal laut juga sekaligus dilakukan penandatanganan nota kesepakatan kerjasama antara Pelindo III Kumai dengan pemerintah daerah terkait dengan pemasukan PAD kabupaten setempat.

“Salah satu point kerjasama yang dilaksanakan adalah terkait dengan beberapa pelabuhan yang dimiliki pemkab ada yang nantinya dikerjasamakan,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur SDM Pelindo III Kumai Toto Helianto, mengatakan bahwa terminal tersebut dibangun selama 11 bulan dan sudah diuji coba dalam rangka arus mudik dan balik lebaran, bahkan sudah dikunjungi oleh Menteri Perhubungan beberapa waktu lalu.

Baca Juga:   Serap Aspirasi Masyarakat Kobar, Tinggal Klik Aplikasi Ini Urusan Selesai

Menurutnya, terminal penumpang pelabuhan Panglima Utar Kumai mempunyai luasan 1.389 meter persegi, dan terdiri dari dua lantai dan mampu menampung 1500 calon penumpang.

“Kita sinergi dengan pemerintah daerah, yakni kami yang membangun infrastrukturnya dan pemkab Kobar dari sisi pariwisata, pelabuhan ini sangat representatif untuk disinggahi kapal pesiar dan pada tahun ini sudah tiga kapal pesiar yang membawa wisatawan sandar di Pelabuhan Panglima Utar Kumai,” bebernya.

(man/beritasampit.co.id).