Perusahaan Sawit “Siluman” Diduga Caplok Lahan Warga Desa Basirih Hulu

2926
TOLAK : ARIFIN/BS – Anggota poktan dan Pengurus Sungai Rambutan Desa Basirih Hulu Kecamatan MHS, Kabupaten Kotim menolak perusahaan sawit “siluman” menggarap lahan milik mereka secara diam-diam.

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Warga Desa Basirih Hulu Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dihebohkan adanya perusahaan sawit “siluman” diduga telah mencaplok lahan. Bahkan, perusahaan tanpa diketahui identitas jelas itu telah menggarap puluhan lahan milik warga dengan dalih telah dibeli.

“Tidak ada perundingan antara warga desa dengan katanya dari pihak perusahaan sawit, tiba-tiba mereka sudah melakukan penggarapan lahan,” ucap Sekretaris Pengurus Sungai Rambutan Desa Basirih Hulu Ahmad Suciadi kepada wartawan beritasampit.co.id, Rabu (17/7/2019).

Baca Juga:   Festival Habaring Hurung Akan Diselenggarakan Bulan April 2018

Menurutnya, perusahaan sawit “siluman” ternyata sudah melakukan penanaman ribuan bibit pohon kelapa sawit di atas lahan milik kelompok tani, terutama yang ada di sepanjang Jalan Rambutan, Jalan Nanas mapun Jalan semut Desa Basirih Hulu.

“Kami keberatan, lahan kami dicaplok dan digarap perusahaan sawit “siluman” secara diam-diam,” ujarnya dan diiyakan kelompok tani maju bersama dan kelompok tani rukun Makmur Desa Basirih Hulu usai membuat pelang nama di atas lahan masing-masing.

Adi menjelaskan, informasinya ada beberapa anggota kelompok tani lain telah menjual lahan kepada perusahaan sawit “siluman” melalui orang-orang yang dipercayai perusahaan.

Baca Juga:   Catat, Ini Lokasi yang Dilarang Ditempelkan Stiker Caleg

Tugas orang kepercayaan tersebut, tambahnya, melobi secara diam-diam kepada anggota kelompok tani lain agar mau menjual lahan yang sudah digarap dengan harga bervariasi mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per kapling.

“Intinya, kami sangat keberatan apalagi sampai perusahaan sawit “siluman” itu menggarap lahan milik kami yang sudah dipasang pelang nama,” tandasnya.

(ifin/beritasampit.co.id)