Stok Sapi di Sampit Aman Hingga Idul Adha

380
AMAN : JMY/BS persediaan peternak sapi di Sampit memastikan sapi untuk kebutuhan qurban cukup

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Peternak sapi di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memastikan stok sapi untuk Idul Adha aman. Hal tersebut dikatakan oleh Masrani peternak sapi di Jalan HM. Arsyad, Sampit.

“Stok tidak ada masalah, pasti cukup dan tersedia. Kalau pun di tempat saya habis, saya akan masukan sapi dari peternakan keluarga saya,” ungkap lelaki 43 tahun itu, Kamis (18/7/2019)

Dia mengaku bahwa saat ini permintaan masih belum banyak, sama seperti tahun sebelumnya. Diperkirakan permintaan akan meningkat seminggu sebelum Idul Adha.

Baca Juga:   Ini Pesan Bupati Kotim kepada 43 Kafilah Kotim di MTQ ke-29 Provinsi Kalteng

“Masih sama saja seperti tahun-tahun sebelumnya. Paling-paling sekitar seminggu sebelum hari raya idul adha,” kata Warga asli Bapeang itu.

Sapi yang tersedia bukan sapi lokal, yakni sapi yang di datangkan asal Sulawesi Selatan (Sulsel). Alasannya, karena sapi lokal belum mampu memenuhi untuk mencukupi qurban.

“Kalo di sini ya bukan sapi lokal, melainkan mendatangkan dari Sulsel. Sengaja kita datangkan untuk mencukupi qurban,” ujarnya

Untuk sementara, harga sapi saat ini harganya relatif naik. Kisaran Rp 300.000 hingga Rp 500.000 dari harga awal.

Baca Juga:   Kopri SampitĀ Gelar Sekolah Islam Gender bagi PMII

“Pasti ada kenaikan, sama seperti sebelumnya. Kalo sekarang naik ya segitu, untuk harga sapi di tempat saya mulai dari Rp 13.000.000 sampai Rp 22.000.000 per ekor. Jadi kita datangkan sebanyak 70 ekor,” sebut Masrani

Dia juga menyebutkan bahwa pembeli bukan hanya berasal dari dalam kota. Namun juga luar kota dan perusahaan perkebunan kelapa sawit.

“Biasa dari luar kota juga ada yang beli, apa lagi perusahaan sawit. Demi menjaga kesehatan sapi makanan rumput sengaja kita mendatangkan dan minuman khusus untuk pemeliharaan,” demikian Masrani

(jmy/beritasampit.co.id)