Bupati Hj Nurhidayah Prihatin Kasus Narkoba di Kobar Peringkat Ke 2 Se Kalteng

235

Editor : Maulana Kawit

PANGKALAN BUN – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah mengatakan prihatin kasus narkoba Kabupaten Kobar ranking ke 2 se Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal tersebut disampaikan usai menghadiri Peringatan Hari Anti Narkoba (HANI) di Gedung Aula Bappeda Kabupaten Kobar, Jumat (19/7/2019).

“Berdasarkan data yang disampaikan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kotawaringin Barat masuk dalam peringkat dua sebagai kawasan peredaran narkoba di Kalteng, dan ini sangat memprihatinkan,” kata Bupati kepada sejumlah awak media.

Menurut Bupati, guna menanggulangi persoalan tersebut perlu dilakukan kerjasasama lintas sektoral terutama dengan BNNK dan Kepolisian dan salah upayanya adalah dengan momen peringatan hari anti narkoba yang dilaksanakan yang sekaligus dijadikan ruang edukasi bagi generasi muda.

Baca Juga:   Mantan Ketua DPRD Kobar Tutup Usia

Kabupaten Kobar memiliki wilayah yang cukup strategis sehingga memudahkan akses masuknya narkoba melalui jalur laut, udara dan darat terutama dari wilayah Kalimantan Barat, menjadi salah satu faktor maraknya kasus narkoba di Kbupaten Kobar.

“Kegiatan kampanye anti narkotika yang dilaksanakan BNNK dapat dijadikan wahana untuk memberikan wawasan kepada generasi milenial, agar tidak terpengaruh oleh narkoba dan dapat mengerti bahaya narkoba yang ditimbulkan” ujarnya.

Selain peran dari pemerintah dan lembaga yang menangani persoalan tersebut, orang tua juga diharapkan dapat memberikan edukasi kepada putra–putrinya, agar pergaulan mereka dapat terpantau secara kontinyu.

Baca Juga:   Bupati Kobar : "Buang Sampah Sembarangan Akan Ditangkap"

Selain itu pengawasan dari sekolah juga sangat diperlukan untuk meminimalisir ruang gerak bagi pelaku narkoba yang menjadikan sasaran pelajar sebagai market mereka.

“Saya menegaskan jangan pernah sekali – sekali menggunakan narkoba, karena satu kali kita mencoba maka dampaknya akan kita rasakan selamanya,” tegas Bupati.

(man/beritasampit.co.id).