Sidang Tahunan MPR Tidak Efektif

1185
Sekretaris Fraksi PAN MPR RI Saleh Partaonan Daulay. Dok: beritasampit.co.id/Adista Pattisahusiwa

JAKARTA— Sekretaris Fraksi PAN MPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan sidang Tahunan MPR RI yang akan digelar pada 16 Agustus 2019 mendatang tidak akan efektif, karena hanya seremonial.

“Saya kira tentu sangat tidak efektif, hanya seremonial tahunan, karena sekedar menunjukkan kalau Presiden datang ke Parlemen untuk berpidato,” kata Saleh dalam diskusi empat pilar ‘Optimalisasi Pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI’ di Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, (12/8/2019).

Menurut Saleh, fungsi lembaga MPR sekarang kekuatannya tidak lagi seperti dulu, karena kewenangan Garis-Garis Besar Hauan Negara (GBHN) sebagai konstitusi negara tidak dipakai dalam sistem berbangsa.

Baca Juga:   Akses Jalan Darat Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala Menuju Kota Kasongan Masih Kesulitan

Untuk itu, beber Saleh, jika Sidang Tahunan MPR itu lebih optimal mestinya harus melakukan Amandemen pada Undang-undang Dasar 1945.

“Mau tidak mau, kita harus kesana dulu. Karena Amandemen sekarang ini hanya perubahan amandemen sebelumnya,” tutur Saleh.

Saleh bilang, sejak bergulirnya reformasi tahun 1998 hingga saat ini banyak problematika yang terjadi dalam UUD 1945, dimana kedudukan MPR RI tidak lagi sebagai lembaga tertinggi negara dan pemegang sepenuhnya pelaksana sepenuhnya kedaulatan rakyat.

“Demokrasi kita liberal, bahkan lebih liberal dari Amerika Serikat,” imbuh Saleh.

Baca Juga:   DPR RI Ingin ParlemenĀ Pasific Tahu tentang Indonesia

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI itu berharap MPR RI diberi ruang untuk menafsirkan butir-butir dan pasal-pasal di dalam UUD 1945, sehingga bisa mengoptimalisasi pada Sidang Tahunan MPR dimasa mendatang.

“Kalau kita laksanakan secara baik, kemudian kita implementasikan, maka dengan demikian optimalisasi MPR bisa berjalan dengan baik,” pungkas Saleh Partaonan Daulay.

(dis/beritasampit.co.id)