Bambang Harapkan Ada Komunikasi yang Baik antara Masyarakat dengan Pihak PT IMK

PALANGKA RAYA-Hinting pali yang terpasang sejak Kamis, 29 Agustua lalu di pagar pintu masuk kantor perusahaan pertambangan emas PT Indo Muro Kencana (IMK) di Jalan Garuda IV Palangka Raya akhurnya dibuka melalui ritual adat, pada Selasa (3/9/2019) siang.

Terkait ritual adat pembukaan hinting pali tersebut, menurut Ketua Umum Fordayak Kalimantan Tengah, Bambang Irawan hal tersebut menandakan konflik antara masyarakat dengan pihak PT IMK sudah selesai atau berakhir dengan perdamaian setelah pihak perusahaan menerima tuntutan yangbdiajukan oleh masyarakat sebagai korban.

“Sengketa disini antara masyarakat Desa Dirung, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah dengan Perusahaan Pertambangan Emas PT Indo Muro Kencana (IMK) telah selesai dan sudah ada titik perdamaiannya yang dilaksanakan sidang adatnya pada Junat lalu di Murung Raya,” jelas Bambang kepada beritasampit, usai pelaksanaan ritual adat.

BACA JUGA:   Ini Pencapaian Demokrat Pada Pileg 2024, DPRD Kabupaten/Kota Turun Satu Kursi

Dengan dilaksanakannya ritual adat pembukaan hintingbpali, Bambang sangat mengapresiasi hasil keputusan tersebut yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Oleh karenanya dia berharap kedepan ada komunikasi baik antara pihak perusahaan dengan pihak masyarakat disekitar kawasan PT IMK.

“Jadi hari ini, hinting pali dilepas. Artinya proses perdamian sudah terselsai dengan baik, dengan harapan kedepan ada komunikasi yang lebih baik lagi antara pihak perusahaan dengan pihak masyarakat. Karena kita semua hidup di bumi ini menghargai adat, baik itu pihak perusahaan maupun pihak masyarakat,” harap Bambang.

BACA JUGA:   Partai Demokrat Mampu Mempertahankan Waket di DPRD Provinsi Kalteng

“Bila ada permasalahan atau konflik pihak perusahaan juga bisa memberi sangsi adat kepada masyarakat, demikian juga masyarakat. Apabila perusahaan lekukan kesalahan juga mempunyai hak atau kapasitas menuntut perusahan menyelesaikan masalah tersebut,” timpalnya.

(gra/beritasampit.co.id)