Yanto Buka Wahana Air Raut Naga Indah Desa Pasir Panjang

Editor : Maulana Kawit

PANGKALAN BUN – Wahana Air Raut Naga Indah salah satu objek wisata yang berada di Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Proses pembangunan ide objek wisata ini di inisiator oleh Yanto, salah seorang pensiunan ASN Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kobar. Setelah berhasil membuka pemukiman perumahan mewah di kampung terpencil Raut Naga Desa Pasir Panjang.

Kini dirinya mulai membanguan objek wisata Wahana Air Raut Naga Indah yang proses pembangunannya telah mencapai sekitar 75 persenan.

“Diharapkan lokasi wisata ini nanti Desember 2019 bisa grand opening,” kata Yanto saat dibincangi disela-sela acara pencoblosan Pilkades Pasir Panjang, Rabu (4/9/2019).

Dirinya menceritakan awal mula dirinya memiliki ide membuat objek wisata ini yang letaknya sekitar 5 hektar dekat rumah tinggalnya.

“Saya buka lahan wisata air yang lokasinya juga searah menuju obyek wisata Jurung Tiga. Jadi para pengunjung bisa mampir ke wisata Wahana Air Raut Naga Indah,” ujar Yanto.

Selain itu, hidup harus memiliki tujuan yang nyata, yakni selain harus bertaqwa kepada Tuhan Pencipta Alam Semesta, juga harus bisa memberi manfaat khususnya kepada keluarga dan umumnya kepada orang lain.

“Maka hasil pemikiran saya membuka lokasi perumahan dan obyek wisata wahana air raut naga indah ini, selain untuk masa depan keluarga juga untuk membantu perkembangan pembangunan Desa Pasir Panjang, kampung raut naga yang terpencil dan sepi, sekarang jadi ramai,” imbuh Yanto.

Dijelaskan Yanto, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Pasir Panjang, Camat Arut Selatan dan dinas terkait di Pemkab Kobar yang sebelumnya sudah memberikan ijin untuk mengembangkan lokasi obyek wisata.

“Kabupaten Kobar saat ini sedang menggalakan pembangunan sektor wisata,karena penduduk di Kobar setiap hari minggu, bulan semakin bertambah, tentunya memerlukan wahana untuk berwisata, maka sayapun membuka obyek wisata Wahana Air Raut Naga Indah,” beber Yanto.

(man/beritasampit.co.id).