Dikmata TNI AD Resmi Ditutup

SINGKAWANG – Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Herman Asaribab diwakili Danrindam XII/Tpr, Kolonel Inf Martin Susilo M Turnip, SH menutup secara resmi Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang I Tahun 2019 sekaligus melantik sebanyak 343 lulusan Dikmata TNI AD menjadi prajurit Tamtama bertempat di Lapangan Sapta Marga Rindam XII/Tpr, Jalan Pasir Panjang, Kota Singkawang. Sabtu (7/9/2019)

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah sebagai Prajurit TNI AD dan penyematan tanda pangkat Prada (Prajurit Dua) serta pemberian ijazah oleh Danrindam XII/Tpr kepada perwakilan mantan siswa.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Herman Asaribab dalam amanat yang dibacakan Danrindam XII/Tpr menyampaikan, bahwa kebijakan Pimpinan TNI AD dalam upaya meningkatkan kompetensi personel TNI AD selaras dengan perkembangan IPTEK melalui penataan 10 Komponen pendidikan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Oleh karena itu, Kodam XII/Tpr menindaklanjuti kebijakan Pimpinan untuk memperoleh calon peserta didik yang terbaik, dan dengan melalui Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Tahun 2019 ini diharapkan para Tamtama sekalian memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai tuntutan tugasnya sebagai Tamtama TNI AD.

“Adapun tujuan pendidikan adalah, membentuk prajurit siswa untuk menjadi Tamtama yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan serta jasmani yang samapta,” tukas Pangdam XII/Tpr.

Lanjutnya menyampaikan, upacara pelantikan dan pengambilan sumpah bagi para Tamtama menandakan telah berakhirnya pendidikan dengan demikian secara resmi para Tamtama telah memperoleh status sebagai prajurit TNI AD. Yang mana selama 20 minggu telah dibekali dengan berbagai macam materi keprajuritan.

Dikatakan oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Herman Asaribab, selanjutnya para tamtama yang baru dilantik akan menempuh pendidikan lanjutan tahap II di Pusat Pendidikan kecabangan masing-masing, khusus bagi prajurit kecabangan Infanteri akan melaksanakan pendidikan di Rindam XII/Tpr.

“Untuk itu siapkan mental dan fisik serta ilmu yang telah kalian peroleh pada tahap I, agar dapat mengikuti pendidikan tahap II dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan,” tegas Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Herman Asaribab.

Usai upacara penutupan pendidikan dilanjutkan dengan kegiatan atraksi dan demonstrasi oleh para prajurit tamtama yang baru saja dilantik. Diantaranya atraksi, bongkar pasang senjata, menyumpit, beladiri militer dan halang rintang.

Hadir dalam acara, Irdam XII/Tpr, Kapoksahli Pangdam XII/Tpr, LO AL, para Asisten Kasdam XII/Tpr, para Komandan dan Kabalak Kodam XII/Tpr, Wadanrindam XII/Tpr, para Dansatdik Rindam XII/Tpr serta para orangtua mantan siswa.

(rls/Pendam XII/Tpr/beritasampit.co.id)