Festival Dangdut 4 Karang Taruna 2019 : Sebagai Pengembangan Bakat Berolah Vocal

Editor : Maulana Kawit

BUNTOK – Pembukaan malam Festival Dangdut 4 Karang Taruna 2019, meriah dan banyak diikuti peserta yang bertalenta handal dalam berolah vocal musik dangdut.

Kegiatan tersebut bertempat, panggung hiburan Taman Hiburan Iring Witu Kota buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel) yang dilaksanakan selama tiga hari.

“Selain itu juga, sebagai pengembangan bakat dan minat para seniman dalam berolah vocal sebagai penyanyi dangdut,” kata Ketua Karang Taruna Barsel Ideham kepada beritasampit.co.id disela-sela pembukaan malam Festival Dangdut 4 Karang Taruna 2019.

Dikatakan Ideham, kegiatan ini merupakan salah agenda rutin tahunan Karang Taruna Barsel serta melaksanakan agenda rutin olehraga yakni agenda mengadakan turnamen futsal.

“Selain itu juga, Karang Taruna Barsel selalu rutin mengikuti kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna yang merupakan agenda rutin tahunan pihak Provinsi,” katanya.

Dijelaskan anggota DPRD Barsel Fraksi PAN ini, untuk jumlah peserta yang mengikuti Festival Dangdut 4 Karang Taruna 2019 ini sebanyak 61 peserta baik peserta dari Kabupaten Barsel sendiri.

Juga diikuti, peserta dari Kabupaten tetangga yakni Kabupaten Barito Timur (Bartim) dan Kabupaten Barito Utara (Batara). Selain itu juga, diikuti peserta dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

BACA JUGA:   Bersihkan Tumpukan Pasir di Jalan, Dishub Barsel Ancam Cabut Ijin Usaha Galian C

“Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dengan banyaknya dan antusiasnya peserta yang mengikuti lomba dangdut ini membuktikan bahwa. Musik dangdut, masih berjaya dan tetap dicintai pecinta musik dangdut,” bebernya.

Sekali lagi saya tegaskan lanjut Ideham, tujuan dari lomba dangdut ini pertama untuk menyalurkan bakat pecinta musik dangdut di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus yang kita cintai bersama ini.

Kedua, adalah untuk menghibur warga masyarakat kota buntok dan sekitarnya serta Barsel pada khususnya.

Selain itu juga, dengan adanya ajang ini merupakan wadah yang positif bagi kawula muda. Untuk dapat, menyalurkan bakatnya dalam berolah vocal dalam irama musik dangdut.

“Sehingga, terhindar akan aktifitas yang negatif seperti terjerumus narkoba dan pergaulan bebas,” ujarnya

Ditambahkan Ideham, khusus seluruh peserta Festival dangdut Karang Taruna 2019 ini diharapkan jangan sampai mereka asyik bermain musik didaerah sendiri.

“Kapan perlu, mereka bisa mengikuti ajang Festival Musik Dangdut yang lebih tinggi lagi hingga ditingkat nasional,” harap Ideham.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Barsel Doktor Manat Simanjuntak mewakili Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST dalam sambutannya dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Barsel pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya dengan dilaksanakannya kegiatan ini.

BACA JUGA:   Unggul Delapan Suara ‘Yustri Aseng’ Terpilih, Sebagai Kades Mabuan

Sebab, ini merupakan evant musim keempat yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Barsel dan ini bukanlah suatu pekerjaan yang sangat mudah. Karena, membuat sebuah konser musik butuh pemikiran dan ide-ide yang cemerlang.

“Untuk menghasilkan, sebuah konser yang memukau serta bisa menghibur khalayak banyak,” katanya.

Dikatakan Manat Simanjuntak, Pemerintah Daerah juga berterima kasih kepada Karang Taruna Barsel yang telah menyediakan wadah bagi talenta-talenta muda barsel untuk menyalurkan bakat mereka dalam bermusik dangdut.

“Karena ini, adalah kontes musik dangdut yang mengedukasi masyarakat untuk mencintai musik itu jauh lebih penting daripada hanya berdebat kusir,”sebutnya.

Saya juga mohon, kepada dewan juri karena ini perjalanan talenta-talenta Barsel dalam musik dangdut maka harapan kami dari Pemerintah Daerah bekerja dengan seksama dan bebas dari unsur kkn.

“Dengan musik talitas yang tingi, dan berpijak kepada indikator penilaian maka akan menghasilkan pemenang-pemenang yang patut dipertanggung jawabkan,”tandas Manat Simanjuntak.

(ded/beritasampit.co.id)