Lomba Komsos Kreatif, Perwakilan Kodim Lumajang dan Jember jadi Pemenang

KOTA MALANG – Satuan TNI-AD, khususnya di jajaran Kodam V/Brawijaya secara serentak menggelar perlombaan komsos kreatif. Perlombaan itu, ditujukan untuk menjaring bibit-bibit muda yang kreatif dan inovatif.

Seperti yang berlangsung di Makorem 083/Baladhika Jaya pada hari Kamis saat ini, 5 September 2019. Beberapa peserta yang di dominasi para pelajar dari masing-masing perwakilan Kodim di wilayah Korem, mulai menunjukkan kemampuannya.

“Perlombaan ini digelar, untuk memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan TNI-AD dengan masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa,” ujar Kepala Staf Korem, Letkol Budi Santoso melalui amanat Danrem yang dibacakannya.

Tak hanya Kemanunggalan saja, kata Kasrem, komsos kreatif tersebut juga dinilai mampu meningkatkan rasa kecintaan para peserta terhadap negaranya (Indonesia).

“Khususnya dalam meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa, bernegara serta menjaga sekaligus mempertahankan budaya-budaya yang sudah menjadi warisan nenek moyang kita,” jelasnya.

Tari Remo merupakan salah satu tradisi yang hingga sekarang tahan akan perkembangan zaman. Digelarnya perlombaan Tari Remo dan Fotografi tersebut, menurut Letkol Budi, merupakan salah satu upaya TNI-AD dalam membentuk karakter dan nasionalisme para pelajar.

“Tarian, ialah adat tradisi yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia,” ucapnya.

Selama berlangsungnya perlombaan tersebut, kategori lomba Tari Remo, telah berhasil disabet oleh para pelajar dari perwakilan Kodim 0821/Lumajang, dengan perolehan poin sebesar 26. Sedangkan dikategori lomba fotografi, berhasil dikuasai oleh pelajar pewakilan dari Kodim 0824/Jember.

Untuk diketahui, sebelum mengikuti perlombaan di tingkat Korem, para peserta tersebut sebelumnya telah melewati seleksi ketat di tingkat Kodim. Rencananya, para pemenang dalam perlombaan itu, akan mengikuti seleksi lanjutan di Kodam Brawijaya.

“Para pemenang, nantinya mengikuti perlombaan lanjutan di Kodam,” pungkasnya.

(rls/beritasampit.co.id)