Noorkhalis: Masalah Karhutla Jangan Bebankan Kepada Pemerintah Saja

PALANGA RAYA-Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Noorkhalis Ridha mengapresiasi dan mendukung langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah kota dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Namun menurut dia, tetap perlu dievaluasi.

Terutama lanjutnya, evaluasi dalam hal penanganan Karhutla tersebut, tidak hanya semua dibebankan kepada pemerintah dan aparat saja. Dan sudah saatnya masyarakat untuk kolaborasi partisipatif bersama-sama dengan pemerintah untuk menanggulangi Karhutla.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

“Masyarakat bisa ikut dan terlibat secara bersama2 untuk membantu pemerintah melalui komunitasnya, paguyuban, RT,RW ataupun masyarakat umum,” katanya kepada beritasampit via whatsapp, Minggu (8/9/2019).

Untuk pengawasan dan penindakan, politisi PAN ini berharap harus ditingkatkan, karena cukup menjadi pertanyaan. Kenapa lahan-lahan yang terbakar tersebut, khususnya di Kota Palangka Raya didominasi di pinggir jalan.

Ditanya apakah perlu peningkatan status bencana. Menurut pria yangkarap disapa Noorkhalis ini, itu merupakan ranah dari BNPB dan instansi terkait untuk memutuskan berdasarkan klasifikasinya.

BACA JUGA:   HM Khemal Nasery Menentang Keras Rencana Pembongkaran Gedung KONI Kalteng 

“Tapi yang jelas, jangan sampai penanganan ini dikategorikan berdasarkan statusnya. Kalo memang perlu langkah cepat dan strategis ya harus segera diputuskan, tanpa melihat persoalan statusnya. Khususnya persoalan kesehatan dan pendidikan. Penanganan ISPA dan jam sekolah SD & SMP,” ucapnya.

(gra/beritasampit.co.id)