Asupan Gizi Bumil Harus Berimbang, Cegah Anak Alami Stunting

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Kepala Puskesmas Ketapang II Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Setyo Purwanto menyarankan, guna mencegah anak mengalami stunting hendaknya asupan gizi terhadap ibu hamil (bumil) harus berimbang.

“Harus dapat asupan gizi yang cukup dan berimbang karena akan berdampak pada pertumbuhan calon bayi,” ucap Setyo pada saat Rembuk Stunting Pra Musrenbang Desa Bapanggang Raya Kecamatan Mentawa Baru (MB) Ketapang, Senin (9/9/2019).

Selain menyarankan asupan gizi, Setyo juga menganjurkan agar bumil memperhatikan hal lain salah satu pemanfaatan air dan lingkungan.

“Selain ada faktor lingkungan terutama dalam rumah tangga, jamban dan pemanfaatan air juga harus diperhatikan,” kata Setyo.

Dia menegaskan, terutama mengenai asupan gizi kurang dampaknya setelah melahirkan anak kemungkinan besar akan mengalami stunting atau anak gagal tumbuh.

“Kalau asupan gizi kurang berimbang maka pertumbuhan anak terganggu dan perkembangan otak anak juga akan terganggu,” imbuhnya.

Dijelaskannya, Kotim merupakan penyumbang stunting tertinggi di Kalteng. Diharapkan melalui pencegahan dini hingga 5 tahun ke depan anak gagal tumbuh itu terus berkurang.

“Kotim stunting tertinggi dan mudah-mudahan ke depannya masalah ini bisa diatasi,” pungkasnya.

(ifin/beritasampit.co.id)