Lahan Gambut Terbakar, Ini Jumlah Titik Hotspot di Seruyan

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau DPRD Seruyan Agung Sulistiyono menyampaikan sejak Januari sampai sekarang Hotspot di Seruyan sekitar 416 titik.

“Penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Seruyan sejak Juli kita berlakukan siaga darurat sampai sekarang sekitar 90 hari. Untuk titik hotspot sejak Januari sampai sekarang kurang lebih 416 titik,”ungkap Agung di Kuala Pembuang, Selasa (10/9/2019).

Ia menjelaskan dari 416 titik api tersebut sejak Januari sampai sekarang dan sudah kita tangani semua, setiap ada hotspot selalu kita tangani untuk melakukan pemadaman api.

Lanjutnya, luas lahan yang terbakar di Seruyan kurang lebih 400 hektar, yang paling terbesar berada di Kecamatan Seruyan Hilir Timur. Seperti desa Bangun Harja, Kartika Bhakti, Halimaung Jaya, termasuk desa Sungai Bakau yang terbakau lumayan luas.

Ia menambahkan untuk penangan Karhutla paling lama kilometer 23 dan 18 di desa Sungai Bakau termasuk wilayah perusahaan PT Rimbun Seruyan (Perusahaan HTI).

“Kebetulan yang terbakar ini lahan gambut Sulit untuk melakukan Pemadamannya, karena yang terbakar inikan dibagian dalamnya, sampai saat ini penanganan tetap jalan”pungkasnya.

(rdi/beritasampit.co.id)