Pelanggan Keluhkan Kualitas Air PDAM, Berasa Asin dan Diduga Gatal-Gatal di Kulit

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Pelanggan pendistribusian air bersih melalui Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS), Samuda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengeluh. Salah satunya mengenai kualitas air.

“Sudah satu bulan lebih kualitas air yang disalurkan oleh PDAM Samuda melampaui kadar asin,” ucap seorang pelanggan Ruspandi melalui pesan whatsapp kepada wartawan beritasampit.co.id, Selasa (10/9/2019).

Selain kadar asin yang begitu tinggi, tambahnya, sudah ada beberapa warga yang terkena gatal-gatal kulit karena air PDAM itu juga digunakan untuk mandi dan cuci pakaian.

“Ada beberapa warga yang gatal-gatal kulit setelah mandi air PDAM,” ujarnya.
Disamping itu, kualitas air bersih PDAM sejak terjadinya kemarau tidak bisa lagi digunakan untuk keperluan mandi apalagi untuk diminum.

“Masyarakat samuda khususnya Mentaya Hilir Selatan berharap pelayanan PDAM Samuda, agar air yang dialirkan ke pelanggan bisa dimanfaatkan sebagai air minum dan untuk keperluan sehari-hari,” saran Ruspandi.

Ditambahkannya, jasa pencucian mobil di RT 24 Jalan Samuda-Ujung Pandaran kilometer 1 terpaksa libur. Alasannya, terkendala air asin karena apabila tetap dipaksakan akan berdampak pada kendaraan yang dicuci seperti cepat karatan.

(ifin/beritasampit.co.id)