Stop Karhutla, Anggota Dewan Ini Minta Partisipasi Masyarakat

Editor : Maulana Kawit

PANGKALAN BUN – Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin dari Partai Amanat Nasional (PAN) imbau kepada masyarakat pada musim kemarau ini agar memiliki rasa tanggungjawab terhadap bahaya karhutla .

“Akibat Karhutla kini kondisi udara sangat berbahaya bagi kesehatan kita, untuk itu agar masyarakat memilki rasa tanggung jawab menjaga lahannya masing masing agar tidak terjadi Karhutla, apalagi saat ini kita tengah memasuki musim kemarau,” kata Tuslam Amirudin,Selasa (10/9/2019).

Menurut Tuslam Amirudin pencegahan Karhutla bukan saja menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah saja melainkan seluruh stakehokders termasuk masyarakat pun harus memiliki kesadaran terhadap lingkungan sebab dampak karhutla akan merugikan semuanya.

BACA JUGA:   Selamat! Pimpinan DPRD Kobar Resmi Dilantik

“Jika masyarakat memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran akan bahayanya Karhutla maka saya yakin tidak ada masyarakat yang dengan sengaja membakar lahan saat membuka lahan, akibat karhutla ini sangat merugikan kita semua dan dampaknya tidak baik untuk anak cucu kita,” ujar Tuslam .

Hal yang terpenting kata mantan wartawan dan Ketua PWI Kobar, saat ini Pemerintah Daerah dan semua stakehokders harus bersama sama melakukan langkah strategis dan nyata untuk meminimalisasi dampak karhutla.

“Langkah kedepannya yang harus dilakukan oleh Pemkab Kobar adalah mencari solusi agar masyarakat bisa mengurangi kebiasaan membakar saat akan membuka lahan, kalau pun untuk keperluan menanam, mestinya bisa ikuti aturan sebagaimana yang tertuang dalam Perda Provinsi Kalteng adanya pembatasan dan pengendalian saat akan membuka lahan, ” imbuhnya.

BACA JUGA:   Aspirasi Aliansi Mahasiswa Kobar Diterima Wakil Ketua DPD RI

Namun demikian lanjut Tuslam untuk saat ini, fokus dalam meminimalisasi dampak karhutla itu sendiri dan kedepannya pihak Eksekutif dan legislatif merumuskan regulasi yang efektif dengan tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat dalam penglolaan pertanian.

(man/berita Sampit.co.id).