Dinkes Sukamara Targetkan 60 Bumil Dalam Program Triple Emilimasi

SUKAMARA – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sukamara, Achmad Yani mengatakan bahwa pihaknya menargetkan 60 orang ibu hamil (Bumil) dapat menjalani pemeriksaan dan deteksi dini terhadap penyakit HIV AIDS, Hepatitis B dan Sipilis atau triple eliminasi.

“Hari ini kita melakikan pemeriksaan deteksi dini di Puskesmas Sukamara terhadap ibu hamil untuk penyakit HIV, Hepatitis B dan Sipilis,” ujar Achmad Yani, Rabu (11/9/2019).

BACA JUGA:   Pj Bupati Sukamara Lantik dan Ambil Sumpah Janji 130 PPPK 

“Target kita 60 orang ibu hamil dapat melakukan deteksi dini ini, mudah-mudahan dapat tercapai,” lanjut Achmad Yani.

Achmad Yani mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan itu disebut dengan triple eliminasi yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah.

“Jadi kita bekerjasama dengan Dinkes provinsi yang memang ada kegiatan yang disebut triple eliminasi untuk menurunkan angka pesakitan terhadap penyakit HIV AIDS, Sipilis dan Hepatitis B,” terang Achmad Yani.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Menurut Achmad Yani, kegiatan deteksi dini atau pemeriksaan terhadap ibu hamil di Puskesmas Sukamara tersebut berdasarkan pada Peratiran Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 52 tahun 2017 tantang eliminasi penularan HIV AIDS, Sipilis dan Hepatitis B pada ibu dan anak.

“Selain untuk menurunkan angka pesakitan penyakit menular berbahaya ini, juga untuk memutus mata rantai penyebarannya, penularannya,” tukas Achmad Yani. (enn/beritasampit.co.id)