Ibu Hamil Resiko Tinggi Menularkan HIV, Hepatitis B dan Sipilis ke Janin Yang Dikandung

SUKAMARA – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sukamara, Achmad Yani mengatakan bahwa ibu hamil (Bumil) memiliki potensi besar untuk tertular dan menularkan penyakit kepada bayi yang dikandungnya.

Penyakit yang rentan tertular dan ditularkan bumil adalah HIV, Hepatitis B dan Sipilis atau disebut dengan triple eliminasi. Karena itu Dinas Kesehatan Sukamara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah melakukan pemeriksaan atau deteksi dini terhadap ibu hamil di Kecamatan Sukamara, Rabu (11/9/2019).

BACA JUGA:   Melalui Senam Ciptakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Achmad Yani menerangkan, kenapa sasaran deteksi dini triple eliminasi ibu hamil, hal itu berdasarkan petunjuk dari Permenkes Nomor 52 tahun 2017 tantang eliminasi penularan HIV AIDS, Sipilis dan Hepatitis B pada ibu dan anak.

“Selain itu, karena resiko tinggi terhadap penularan pada ibu hamil untuk tiga penyakit ini utamanya. Penularan juga dari ibu ke anak atau dari pasangan ke ibu hamil ini,” terang Achmad Yani.

BACA JUGA:   Tahu Larangan Membakar Lahan, Namun Tetap Membakar, Akhirnya JE Ditangkap Polisi

“Ini adalah salah satu upaya untuk mencegah yaitu dengen deteksi dini khusus untuk ibu hamil,” lanjut Achmad Yani.

Jika pada pemeriksaan tersebut ditemukan ibu hamil yang positif mengidap salah satu penyakit menular tersebut maka Dinkes Sukamara akan melakukan tindakan pengobatan terhadap ibu hamil sehingga tidak sampai tertulak ke janin yang dikandung.

“Kalau ada yang positif kita langsung tindaklanjuti dengan pengobatan,” tukas Achmad Yani. (enn/beritasampit.co.id)