Ini Cara DKPP Sukamara Agar Ternak Ayam Tidak Terserang Flu Burung

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat terus melakikan berbagai upaya pencegahan agar ternak unggas diwilayah tersebut tidak terserang penyakit flu burung.

Kepala Bidang Peternakan Syamsir Hidayat menjelaskan bahwa salah satu upaya pencegahan ternak tidak terkena flu burung adalah dengan melakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel darah ayam.

“Pengambilan sampel darah ayam ini bertujuan untuk memeriksa penyakit Avian Influenzadan atau AI serta Pullorum pada unggas,” jelas Syamsir Hidayat, Rabu (11/9/2019).

Syamsir menerangkan bahwa AI merupakan penyakit flu burung pada ternak yang disebabkan oleh virus Influenza HSNI yang sangat ganas.

Virus tersebut menyerang unggas serta bersifat zoonosis ke hewan lain termasuk dapat menular ke manusia.

“Penularannya dapat terjadi melalui cairan yang keluar lewat lubang hidung, mulut, mata dan kloaka (feces), burung liar serta kontak langsung dengan unggas yang sakit,” terang Syamsir Hidayat.

Pemeriksaan sampel darah ayam ini dilaksanakan oleh DKPP Sukamara yang bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah. (enn/beritasampit.co.id)