Bantu Pemerintah, KNPI Katingan Bersama Dinas Kesehatan Bagikan Masker

KASONGAN – Kabut asap yang menyelimuti Kalimantan Tengah, khususnya kota Kasongan, kabupaten Katingan beberapa pekan ini berdampak terhadap aktivitas dan kesehatan masyarakat. Upaya pemerintah daerah melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana asap terus dilakukan.

Kendati demikian, meski tim terpadu karhutla sedang berjibaku memadamkan api. Kabut asap terus menerus menyerang kesehatan masyarakat, akibatnya tak jarang membuat tenggorakan sakit, jarak pandang terganggu hingga penyakit lainya akibat kabut asap pekat beberapa pekan ini.

Meminimalisir dampak Karhutla yang menyebabkan kualitas udara semakin memburuk pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Katingan turun tangan memberikan masker kepada masyarakat yang melintas dijalan.

BACA JUGA:   Semua Tokoh Katingan Sepakat Tolak Radikalisme

Belasan pemuda yang tergabung di KNPI ini bersama tim dari Dinas Kesehatan nampak antusias memberikan masker ke para pengguna jalan yang melintasi di Bundaran jalan revolusi, kota Kasongan.

Bundaran Jalan Revolusi ditunjuk sebagai titik kumpul pembagian masker dikarenakan menjadi pusat lalu lintas masyarakat.

Tak jarang, sesekali para pengguna jalan mengucapkan terima kasih lantaran merasa terbantu dengan masker gratis yang dibagikan ini.

“Kami senang bisa membantu kegiatan ini, selain itu juga kita ketahui kualitas udara beberapa pekan ini buruk. Harapannya dengan bantuan masker ini bisa membantu,” ucap Sidik salah satu peserta yang juga ketua Ikatan Mahasiswa Muhammaddiyah (IMM) saat membagikan masker.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Buka Penerimaan CPNS, Ini Rinciannya?

Ditempat yang sama ketua KNPI Budy Hermanto yang diwakili ketua I Iskandar mengatakan pihaknya sangat prihatin dengan kondisi sekarang, terutama masalah Karhutla.

“Kami sangat apresiasi para tim terpadu Karhutla yang sampai sekarang masih bekerja keras melakukan pemadaman api. Semoga dengan apa yang kami lakukan sekarang juga dapat meringankan menyelesaikan persoalan Kabut Asap,” tuturnya.

Meski hanya bagian kecil membantu pemerintah daerah dengan cara ikut membagikan masker pihaknya, berharap kesadaran semua pihak dalam mengatasi musibah kabut asap bisa terminimalisir.

“Harapan besar kita bersama bencana asap tidak terulang dan semua ini bisa tercapai bila semua pihak mempunyai komitmen yang sama,” harapnya.

(Kawit/berita sampit.co.id)