Dewan Ajak Masyarakat Ikut Melestarikan Budaya Lokal

KUALA KURUN – Kemajuan teknologi yang cukup pesat dewasa ini ditakutkan bakal mengikis budaya hingga kearifan lokal di Kabupaten Gunung Mas.

Menanggapi hal itu, Ketua sementara DPRD Gunung Mas, H. Gumer mengimbau agar semua lapisan masyarakat ikut melestarikan kearifan lokal atau budaya Dayak di daerahnya.

“Memang harus diakui bahwa perkembangan teknologi serta modernisasi tidak bisa terbendung saat ini, semua orang punya hak dan kepentingan untuk mengaksesnya. Meski demikian kita harus tetap menjaga budaya kita, jangan sampai tergerus apalagi hilang,” ungkapnya, Kamis (12/9/2019).

Menurutnya, hampir semua wilayah kecamatan di Kabupaten Gunung Mas sudah terjangkau jaringan telepon maupun internet. Sehingga masyarakat dengan mudah mengakses semua hal yang diinginkan.

“Kemudahan layanan teknologi seperti itu lah yang sangat memengaruhi budaya kita,” katanya.

Kearifan lokal harus tetap dijaga, contohnya budaya gotong royong, seni, budaya dan sejenisnya. Sebab semua itu merupakan warisan nenek moyang dan menjadi identitas masyarakat Dayak di Gunung Mas.

“Kearifan lokal tidak hanya sebagai identitas diri, tetapi juga sebagai wadah atau sarana bagi kita untuk bersikap positif, ramah, serta menjaga adat istiadat,” pungkasnya. (adn/beritasampit.co.id)