Lima Sekolah di Gumas Ini Ditargetkan Raih Adiwiyata Tingkat Nasional

KUALA KURUN – Kepala Bidang Pengelolaan Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunung Mas, Samuel mengatakan, tahun ini pihaknya bakal mengirimkan lima sekolah untuk mendapatkan gelar Adiwiyata tingkat nasional.

“Lima sekolah tersebut, yaitu SMPN- 1 Tewah, SMAN- 1 Rungan, SMPN- 1 Sepang Simin, SDN- 3 Kuala Kurun dan MIN Gunung Mas di Kelurahan Tewah,” sebutnya, Kamis (12/9/2019).

Menurutnya, kelima sekolah tersebut pada tahun 2018 lalu dinyatakan lolos di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dengan nilai yang sangat memuaskan.

BACA JUGA:   Persiapan Pengamanan Idul Fitri, Polres Gunung Mas Gelar Rakor Lintas Sektoral

“Nilai yang paling rendah 74 dan paling tinggi adalah 75. Kalau melihat hasil ini, maka sudah memenuhi standar minimal penilaian Adiwiyata tingkat Nasional. Makanya saya optimistis kelima sekolah ini lolos,” ungkapnya.

Sedikitnya terdapat 18 item yang bakal dinilai. Contohnya seperti kelompok kerja (Pokja) kebersihan lingkungan, Pokja kebersihan toilet, Pokja mading sekolah, dan lainnya.

BACA JUGA:   Wakil Bupati Lepas Rombongan Pawai Tarhib Ramadan 1445 Hijriah

“Untuk mendapatkan nilai baik dalam penilaian Adiwiyata, maka semua kegiatan sekolah musti terstruktur dan sistematis. Bahkan setiap kegiatan selalu menggunakan SK yang ditandatangani langsung kepala sekolah,” uajrnya.

Berdasarkan data sejak tahun 2015 hingga saat ini, sedikitnya empat sekolah di Kabupaten Gunung Mas yang telah mendapat gelar Adiwiyata tingkat Nasional, yaitu SMAN 1 Kuala Kurun dan SMA Katolik Santa Arnoldus Jansen. (adn/beritasampit.co.id)