PKS Kalteng Periksa Kesehatan Warga

PALANGKA RAYA – Kebakaran lahan dan semakin pekatnya asap menyebabkan beberapa keluhan kesehatan warga yang ada di Palangka Raya dan sekitarnya.

Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera Kalimantan Tengah (Kalteng), H Heru Hidayat kepada awak media bahwa upaya pemadaman harus terus dilakukan bahkan lebih masif dengan melibatkan semua elemen. Tetapi dampak dari kebakaran tersebut telah mengganggu kesehatan masyarakat sehingga diperlukan upaya bantuan baik itu pembagian masker dan layanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat ungkap mantan Anggota DPRD Kalteng ini.

PKS Kalteng, menurut Heru terus berupaya bersama relawan PKS untuk pemadaman kebakaran lahan, edukasi masyarakat, pembagian masker dan mengadakan konsultasi dan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat umum.

Kegiatan Konsultasi dan Layanan Kesehatan Gratis dilakukan dalam rangka untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan sehingga gangguan penyakit yang disebabkan oleh kebakaran lahan bisa segera tertangani ujar Heru

BACA JUGA:   PKS Kalteng Edukasi Warga Pasca Kabut Asap

“Sementara itu, pantauan dari lokasi kegiatan di Kantor PKS Kalteng, terlihat antusias masyarakat untuk bisa berkonsultasi dan mendapatkan layanan kesehatan secara gratis, mereka mendapatkan informasi dari sosial media, undangan, dan pada saat lewat kantor,” ujar Aktivis UPR ini.

Menurut Heru, kegiatan konsultasi dan layanan kesehatan gratis ini dibantu oleh dua orang dokter dan tenaga medis lainnya, sementara layanan kesehatan dasar efek dari kebakaran dan asap ada juga cek kolesterol, asam urat dan gula darah. Semua layanan kesehatan ini dilakukan secara gratis bagi masyarakat termasuk para pemadam kebakaran.

BACA JUGA:   Ini Komitmen Anggota DPD RI Dapil Kalteng Usai Dilantik

Heru menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan, tenaga medis dan para kader yang terus berupaya untuk membantu masyarakat dalam menghadapi kebakaran dan dampaknya.

Sementara itu, ibu Rima Adhayana, warga jalan G. Obos diantara warga yang mendapatkan layanan kesehatan mengaku sangat terbantu, terutama yang kurang mampu dan mengalami sakit akibat asap, kegiatan PKS perlu terus dilakukan.

“Terima kasih kepada PKS yang telah membantu masyarakat terutama di sekitaran G. Obos dengan layanan kesehatan gratisnya,” katanya.

Harapan Pegiat Relawan sosial ini, agar kebakaran lahan dan hutan segera teratasi dan masyarakat mendapatkan kembali udara yang sehat, karena dampaknya dari kebakaran lahan dan hutan adalah kita semua.(din)