Tiga Nama Ini Bidik Jalur Independen Di Pilkada Kotim. Siapa Ya?

SAMPIT – Babak pencalonan Bupati dan Wakil Bupati jalur perseorangan atau independen pada Pilkada 2020 sudah mulai dekat. Sesuai jadwal KPU penyerahan dukungan masyarakat ke KPU Kabupaten dilakukan antara Desember 2019 sampai Maret 2020.

Berdasarkan informasi dari KPU Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sejauh ini terdapat 3 (tiga) nama yang intensif berkomunikasi untuk maju perseorangan. Yaitu HM Taufiq Mukri, H Jhon Krislie dan H Yoyo Sugeng Triyogo.

“Yang sering berkomunikasi dan bertanya-tanya setidaknya tiga nama itu. Kami sudah menyampaikan pandangan sesuai aturannya, termasuk jadwal penyerahan dukungan,” kata Ketua KPU Kotim, Siti Fathonah Purnaningsih, Kamis (12/9/2019).

BACA JUGA:   Dewan Minta Pemkab Kotim Jalankan Peran Berantas Pungli

Dia menjelaskan jumlah dukungan untuk mencalon Bupati dan wakil bupati perseorangan yaitu 8,5 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) pemilu serentak 17 April 2019.

“DPT Kabupaten Kotim 274.189. Jadi dukungan yang diperlukan 8,5 persen dari total DPT tersebut yaitu minimal 23.306 dukungan.”ungkapnya.

Dia menegaskan untuk proses verifikasi faktual terhadap dukungan, berbeda dengan verifikasi pencalonan DPD RI dengan sistem sampel. “Dukungan untuk calon bupati dan wakil Bupati dilakukan verifikasi faktual 100 persen,” tandasnya.

BACA JUGA:   Ini Sikap PC NU dan PD Muhammadiyah Kotim Soal RUU HIP

Sementara itu, berdasarkan informasi lain, HM Taufiq Mukri, H Jhon Krislie dan H Yoyo Sugeng Triyogo gencar menggalang dukungan warga melalui pengumpulan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berikut tanda tangan langsung.

Untuk diketahui HM Taufiq Mukri adalah Wakil Bupati Kotim dua periode, H Jhon Krislie adalah mantan Ketua DPRD Kotim dua periode dan H Yoyo Sugeng Triyogo adalah mantan Anggota DPRD Kalteng periode 2009-2014. (jun/beritasampit.co.id)