Peduli Kesehatan, Ini Yang Dilakukan Aisyiyah

PALANGKA RAYA – Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) menjadi salah satu program dari Kementrian kesehatan. Untuk menyukseskan program tersebut Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Kalimantan Tengah (Kalteng) telah melaksanakan kegiatan penguatan Kapasitas Kader Aisyiyah.

Kegiatan tersebut telah rampung, diadakan dari 8 sampai 11 September 2019 baru lalu. Sebanyak 45 orang kader Aisyiyah dari seluruh Kabupaten dan kota di Kalteng. Diharapkan usai kegiatan kader maksimal berperan mengingat Aisyiyah juga memiliki Gerakan Aisyiyah Sehat (Grass).

Untuk diketahui dalam kegiatan tersebut para Kader Aisyiyah diberi pembekalan masalah kesehatan, seperti Pelayanan Pemberian Imunisasi, pencegahan penyakit tidak menular,pencegahan Stunting, Kesehatan Ibu dan Anak.

BACA JUGA:   Merugi Hampir 1 Miliar, Ruko Drum Kosong Ludes Terbakar di Palangka Raya

Ditemui diruang kerjanya Jum’at (13/09/2019) Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalteng, Hj Noorhayati menjelaskan kegiatan yang adakan adalah program yang digagas oleh Majelis Kesehatan Pimpinan Pusat Aisyiyah yang siap bermitra menanggulangi 5 masalah kesehatan yang utama.

“Kita siapkan Para Kader Aisyiyah,yang nantinya siap memberikan penyuluhan kesehatan, seperti tentang pencegahan Stunting, Pencegahan Penyakit tidak menular, kesehatan ibu dan anak, pelayanan imunisasi dan lainnya sesuai dengan program Grass kepada masyarakat di tingkat kabupaten maupun Kecamatan di daerah mereka masing masing” ujar Noorhayati

BACA JUGA:   Memasuki Musim Hujan: Warga RT 03/RW 21 Gotong Royong Bersihkan Drainase

Oleh karena itu, dia berharap materi dan pembekalan yang sudah diberikan, mampu diterapkan oleh para kader Aisyiyah dalam membuka wawasan masyarakat tentang pentingnya kesehatan melalui penyuluhan yang mereka lakukan.

“Pemerintah Kabupaten dan Kota setempat melalui dinas terkait bisa bekerja sama dan memberikan akses agar nantinya, pelaksanaan program Grass oleh para kader Aisyiyah bisa berjalan dengan baik.” katanya

(aul/beritasampit.co.id)