Tenaga Pendidik Pelayanan Masyarakat Terdepan dalam Kualitas Pendidikan

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Tenaga pendidik merupakan pelayan masyarakat terdepan untuk peningkatan kualitas pendidikan terhadap masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Katingan Sakariyas, SE saat membuka secara resmi pelaksanaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Katingan uang diikuti sebanyak 129 peserta CPNS yang terdiri dari Tenaga Pendidik dan Kesehatan di aula kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Katingan, Senin (16/9/2019).

BACA JUGA:   Soal Pilkada, Marwan Susanto Tunggu Perintah Partai

Menurut Bupati Sakariyas, kunci utama keberhasilan pelayanan publik adalah terletak pada mentalitas dan sikap dari aparatur pelayan publik. Seorang aparatur pelayan publik harus memiliki sikap atau keberanian dalam melakukan suatu tindakan dengan penuh keseriusan, optimis dan penuh kepercayaan yang tinggi.

Banyak peran yang seharusnya dilakukan oleh seorang guru, diantaranya, sebagai Pembimbing. Dengan kasih sayang yang diberikan oleh guru, anak akan mendapatkan bimbingan untuk menjalani kehidupan, baik yang sedang dijalani saat ini maupun bekal kehidupan di masa yang akan datang.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Gelar Bimtek Terkait Pengguna Aplikasi E-regulasi dalam Upaya Modernisasi dan Efisiensi Pelayanan Publik

Guru harus menujukkan sosok pribadi yang utuh, berpribadi stabil tidak emosional, penghayatan dan pelaksanaan moral dalam semua aspek kehidupan sehingga akan menjadi teladan bagi anak didiknya.

“Guru juga sebagai tempat perlindungan, di Sekolah anak akan minta perlindungan kepada gurunya yang menjadi tempat perlindungan bagi anak anak tersebut,” ujarnya.

(ar/beritasampit.com)