1.500 Pencari Kerja Serbu Kobar

JOB FAIR - Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah, usai membuka acara Job Fair di Swiss Bell, Pangkalan Bun

Editor: Akhiruddin

PANGKALAN BUN – Sedikitnya 1.500 pencari kerja (pencaker) dari berbagai daerah serbu Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah (Kalteng). Hal tersebut terungkap saat Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Kobar, membuka bursa lowongan kerja melalui acara Job Fair 2019 di Hotel Swiss Bell Pangkalan Bun, 21 sampai 22 September 2019.

“Kami sangat terkejut melalui acara Job Fair 2019 ini, ternyata para pencari kerja tercatat cukup banyak ada 1.500, selain dari 14 kabupaten dan kota se Kalteng, juga dari sejumlah kota di Indonesia, seperti Sumatra Utara, Bandung dan Lamongan,” kata Rodi Iskandar Ketua Panitiya yang juga Kadis Kominfo Kabupaten Kobar kepada sejumlah awak media.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar: Pasar Ramadan Sarana Mendongkrak Ekonomi Masyarakat

Dijelaskan Rody, sistem pendaftarannya dibuka secara online. Sementara jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dalam Job Fair 2019 ini sekitar 800 otang. “Tetapi yang mendaftar mencapai 1.500 pencari kerja, sehingga bagi pencari kerja yang belum mendapat kesempatan tahun masih ada peluang pada event berikutnya,” jelasnya.

“Karena pada tahun 2020 IKAPTK Kobar kembali akan membuka bursa lowongan kerja yang di butuhkan oleh perusahaan. Target awal ada 20 perusaahaan yang ikut dalam Job fair, tetapi hanya ada 14 perusahaan yang ikut. Karena perusahaan lainnya sebelum Job Fair dibuka telah membuka lowongan kerja,” ujar Rody.

BACA JUGA:   Perumdam Tirta Arut  Pangkalan Bun Gelar Senam Masal Sehat Bersama Masyarakat Kumai

Bupati Kobar, Hj Nurhidayah sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang di lakukan IKAPTK Kobar membuka bursa lowongan kerja bagi pemuda pemudi yang membutuhkan pekerjaan, sehingga ada wadah dalam mencari informasi lowongan kerja.

“Job Fair ini akan menjadi agenda rutin karena apa yang di lakukan IKAPTK Kobar sejalan dengan visi dan Misi Pasangan Nurani dalam mengurangi kesenjangan dan mengurangi angka pengangguran dengan menyiapkan tempat khusus bagi pemuda pemudi dalam hal mencari pekerjaan,” imbuh Bupati usai acara pembukaan Job Fair 2019. (Man).