Dewan Nilai Sektor Pariwisata Sumber PAD Seruyan

Editor : Maulana Kawi

KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Seruyan sangat potensial di sektor pariwisata.

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto mengatakan, sektor pariwisata merupakan sektor yang paling potensial di Kabupaten Seruyan untuk menghasilkan PAD dengan optimal mengingat Seruyan memiliki objek wisata yang sangat strategis.

Menurutnya, banyak objek-objek wisata yang potensial di Kabupaten Seruyan jika memang hendak dikembangkan secara lebih serius seperti Pantai Sungai Bakau, Danau Sembuluh dan yang lainnya.

“Untuk saat ini saya rasa pariwisata merupakan sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan dan menjadi sumber PAD Kabupaten Seruyan, kita kan punya banyak objek wisata, tinggal nanti bagaimana komitmen dari Pemerintah Daerah terkait dengan pengelolaan dan pengembangannya,” katanya di Kuala Pembuang.

Ia menjelaskan, terkait dengan pengelolaan objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Seruyan, pihaknya menyarankan memang harus dilakukan pengkajian dan perencanaan yang lebih matang.

Misalnya saja jika memang hendak diserahkan pengelolaannya kepada pihak ke-3 seperti Pantai Sungai Bakau, harus dilakukan pengkajian dengan sempurna terkait dengan masalah teknis dan non teknisnya seperti pembagian hasil serta perhitungan PAD setiap tahunnya.

“Harus dilakukan kajian dengan sempurna, karenakan banyak aset-aset kita ada di sana, jadi harus jelas perhitungannya seperti apa, terkait dengan teknis dan non teknisnya,” ungkapnya.

(Rdi/beritasampit)