Wagid Yusuf Dorong Pemkot Kembangkan Komoditas Pertanian

PALANGKA RAYA –Masyarakat Kota Palangka Raya masih memiliki ketergantungan terhadap pemenuhan dari produk pertanian dari luar daerah. Guna mengurangi ketergantungan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Wahid Yusuf mendorong penuh pihak pemerintah kota atau Pemkot Palangka Raya untuk memfokuskan pada pengembangan komoditi pertanian unggulan Kota Palangka Raya.

“Kota Palangka Raya belum maksimal dalam mengembangkan sektor pertanian karena berbagai kekurangan, mulai dari struktur tanah hingga ketersediaan sarana dan prasarananya. Padahal bila dicermati, bila ada upaya yang lebih maksimal pemerintah daerah, saya yakini Palangka Raya mampu memiliki komoditi pertanian yang tepat,” tuturnya, Selasa (24/9/2019).

BACA JUGA:   APBD Palangka Raya: Bidang Pendidikan dan Kesehatan TA 2020 Naik 

Lebih lanjut Politisi Partai Golkar mengharapkan, ada baiknya jika Pemko Palangka Raya melalui instansi teknisnya untuk terus mendorong sektor pertanian yang memiliki skala ekonomi dengan ditopang biaya produksi yang bisa dijangkau serta mudah dipasarkan melalui jalur produksi sesuai kebutuhan masyarakat.

“Kebutuhan akan hasil produksi pertanian seperti sayur mayur, peternakan, buah-buahan dan bahan pokok lainnya bisa kita penuhi tanpa bergantung dari diluar. Selain mampu menekan tingginya harga bahan pokok karena biaya distribusi, kita juga mampu mensejahterakan petani lokal. Tak menutup kemungkinan jika dapat juga dijual dipasaran luar,” kata Wahid menjelaskan.

BACA JUGA:   10 Raperda Kota Palangka Hasil Evaluasi Gubernur Telah Diparipurnakan

Dirinya berkomitmen dalam masa kepemimpinannya untuk terus mendorong pengembangan pertanian lokal dengan diwujudkan melalui produk-produk legislasi DPRD yang pro rakyat, maupun pada sisi penganggaran dan pengawasan dalam bidang pertanian.

“Kita juga memerlukan dukungan, yang tak hanya dari pemerintah daerah saja, namun juga dari masyarakat luas. Dengan adanya sinergitas yang baik antara lembaga pemerintah dan masyarakat, maka tak hanya komoditas pertanian kita saja yang akan maju, tetapi juga dari seluruh sektor lainnya,” ucapnya berharap.

(gra/beritasampit.co.id)