FGD Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla Wadah Koordinasi Bersama

FGD : ENN/BS - Bupati Sukamara Windu Subagio serta Kapolres Sukamara AKBP Sulistiyono saat membuka FGD terkait dengan pencegahan dan penanggulangan karhutla.

SUKAMARA – Kapolres Sukamara AKBP Sulistiyono mengatakan bahwa Focus Group Discussion (FGD) pencegahan dan penanggulangan karhutla digelar untuk menjalin koordinasi bersama antara pihaknya dan aparat desa serta masyarakat.

“Kegiatan ini untuk mejalin koordinasi dengan aparatur perdesaan, tokoh masyarakat atau stakeholder terkait permasalahan karhutla,” kata Sulistiyono, Rabu (25/9/2019).

Sulistiyono menerangkan bahawa FGD digelar untuk membahas masalah hukum bagi para pelaku pembakar lahan, selain itu juga dibahas mengenai pencegahan dan penanggulangan karhutla di wilayah hukum Polres Sukamara.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Gelar Musrenbang RPJMD Tahun 2025-2045

“Kita juga sampaikan ke masyarakat dampak yang ditimbulkan akibat asap kebakaran bagi kesehatan tubuh. Sehingga saat mereka memahami, kita harapkan masyarakat bisa menjadi lebih sadar,” jelas Sulistiyono.

Dalam kegiatan yang mengundang seluruh seluruh kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita dan babinkamtibmas serta Bupati Sukamara, Windu Subagio yang membuka langsung kegiatan Kapolres berharap agar masyarakat memahami dampak jika menjadi pelaku pembakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upayakan Kepastian Hukum Aset Masyarakat dalam Kawasan Hutan

“Dengan mengetahui adanya sanksi atau ancaman hukuman dan denda yang diberikan bagi pelaku pembakar lahan maka diharapkan dapat menurunkan tindakan dari masyarakat yang akan membakar lahan,” harap Sulistiyono.

Sulistiyono menegaskan jika penanggulangan Karhutla sudah dilaksanakan secara maksimal sehingga pada kegiatan ini akan diketahui apabila ada kendala di lapangan.

“Tentunya keterlibatan dari perangkat desa dan tokoh masyarakat ini akan memberikan dampak yang sangat besar bagi upaya pencegahan kebakaran lahan,” tukasnya. (enn/beritasampit.co.id)