Berikut Upaya Pemkab Sukamara Turunkan Stunting

Ibu Hamil : ENN/BS - Seorang Ibu Hamil saat sedang melakukan pemeriksaan triple eliminasi di Puskesmas Sukamara.

SUKAMARA – Kepala Dinas Sosial PMDPP-PA Sukamara, Aji Nugraha mengatakan bahwa permasalahan stunting saat ini menjadi perhatian serius pemerintah baik daerah maupun pusat.

Karenanya pihaknya melakukan berbagai intervensi atau langkah untuk percepatan penurunan stunting di Sukamara dengan beberapa langkah.

“Intervensi yang paling menentukan adalah mempersiapkan seorang calon ibu, memberikan pelayanan maksimal kepada ibu hamil dan memastikan persalinan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan,” terang Aji Nugraha, Senin (26/9/2019).

BACA JUGA:   Peringati HKG PKK ke-52, Pj Bupati Sukamara Gelar Gerakan Tanam Cabai 

Menurut Aji Nugraha, Gerakan Sayang Ibu (GSI) yang dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat terutama pemberdayaan perempuan serta meningkatkan kepedulian dan komitmen masyarakat dan pemerintah.

“Pemerintah juga berperan dalam meningkatkan SDM dengan meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian dalam upaya integratif dan sinergis dalam mengembangkan kualitas perempuan,” terang Aji.

Pengembangan kualitas perempuan lanjut Aji Nugraha merupakan salah satu upaya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Sukamara.

BACA JUGA:   Empat TPS3R dan Tiga Bank Sampah Kelola Sampah di Sukamara

“Kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu wujud hak asasi perempuan dan anak, namun saat ini kesehatan ibu dan bayi baru lahir merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat,” tukas Aji Nugraha. (enn/beritasampit.co.id)