Sebut Pemuda Pancasila ‘Spesial’, Sakariyas Minta Ini

ARAHAN : AR/BS - Bupati Katingan Sakarias saat memberikan arahan pada pengurus Pemuda Pancasila Katingan

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas meminta Pemuda Pancasila Kabupaten Katingan untuk mampu menjadikan dirinya sebagai agen penangkal paham-paham anti Pancasila, Terorisme, Radikalisme, Intoleransi dan Disintegrasi Bangsa.

Permintaan tersebut disampaikan mantan Kepala Bank Kalteng cabang Kasongan ini saat memberikan arahan pada peplantikan Pengurus Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Katingan dan MPC Satuan Pelajar, Mahasiswa (SAPMA) Kabupaten Katingan masa bakti 2019-2023 di gedung Salawah Kasongan, Senin (30/9/2019).

Bupati Sakariyas menjelaskan, pemuda pancasila adalah Ormas kepemudaan yang spesial. ” Karena Ormas yang dinamakan adalah kata Pancasila, yaitu dasar dan ideologi kita bangsa negara kesatuan republik Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA:   Bupati Katingan Ikuti Penandatanganan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Sehingga patut dipahami dan jalankan serta diimplementasikan dalam kehidupan bernegara adalah sebagai falsapah, pedoman, pemandu serta juga sebagai perekat bangsa kita Indonesia.

“Oleh seba itu, saya meminta kepada seluruh jajaran pemuda pancasila agar dapat menjadi benteng dan garda terdepan salam mempertahankan, membela, mengamalkan maupun mengimplementasikan di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Dirinya, mengajak khususnya Pemuda Pancasila Kabupaten Katingan untuk bersama dengan komponen ormas -ormas lainnya, membantu menyumbangsihkan pikiran, tenaga, daya dan upaya, serta inovasi anggotanya untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan program-program yang akan dan telah direncanakan untuk mewujudkan via dan misi katingan yang bermartabat.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan dan Kejaksaan Negeri Tandatangani MoU di Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

“Sebagai salah satu berhimpunnya pemuda di Kabupaten Katingan. Pemuda Pancasila diharapkan terus berkontribusi demi kemajuan Kabupaten Katingan, terutama bagi pengembangan sumber daya manusia dikalangan pemuda di Kabupaten Katinfan tercinta,” katanya.

Hal itu, dikarenakan masih banyak pemuda di Kabupaten Katingan dengan potensi yang dimiliki, tetapi kurang diberdayakan untuk peningkatan kualitas hidup secara ekonomi maupun sosial.

“Setelah terbentuknya pemuda pancasila dan sekaligus pelantikan pengurus, diharapkan dengan potensi organisasi kepemudaan ini siap membangun kabupaten katingan dengan pempelopori program-program kepemudaan agar para pemuda mendapatkan tempat dan kesempatan menyalurkan kegiatan yang positif,” pungkasnya.

(ar/beritasampit.co.id)